Dengan Metode Sederhana Ini, Anda Bisa Terapi Diri Sendiri dan Terbebas Dari Rasa Sakit yang Menyiksa. - Jurnal Darul Azis

Dengan Metode Sederhana Ini, Anda Bisa Terapi Diri Sendiri dan Terbebas Dari Rasa Sakit yang Menyiksa.

Dengan Metode Sederhana Ini, Anda Bisa Terapi Diri Sendiri dan Terbebas Dari Rasa Sakit yang Menyiksa.

Ilustrasi Teknik Touch and Breath, sumber gambar : www.rosenmethod.co.uk
Dapat menyembuhkan atau mengurangi rasa sakit (baik fisik maupun psikis) dalam diri sendiri pastilah akan sangat menguntungkan dan mendatangkan banyak manfaat. Karena dengan demikian, kita akan semakin terhindar dari risiko sakit, stres, atau terjebak dalam kondisi tubuh dan emosi yang tidak baik. Apalagi jika kemudian Anda dapat membantu orang-orang terdekat yang sedang membutuhkan penyembuhan, tentu akan lebih menyenangkan lagi rasanya karena dapat itu berarti orang-orang terdekat kita akan terselimuti energi positif yang dampaknya juga sangat baik bagi kehidupan kita.

Melalui sebuah teknik terapi Touch and Breath, kita akan dapat menjadi penyembuh untuk diri sendiri dan orang lain.  Teknik ini saya ketahui dari Irma Rahayu, Soul Healer sekaligus Founder Of Emotional Healing Indonesia dalam bukunya yang berjudul Emotional Healing Theraphy.  Menurutnya, teknik terapi Touch and Breath ini diperkenalkan oleh sahabatnya, Erwin Hananto Kusumo, ketika keduanya sedang mencari teknik terapi diri sendiri dengan cara yang mudah namun sangat efektif.

Dan benar, terapi ini memang sangat efektif bagi penyembuhan diri sendiri maupun untuk membantu orang-orang terdekat yang tengah membutuhkannya. Selain efektif, caranya pun terbilang sangat sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. 

Nah, bagi Anda yang ingin mencobanya, mari ikuti instruksi berikut (dikutip sesuai aslinya) :
 
Pertama-tama, coba bayangkan satu masalah yang membuat Anda merasa hawatir, takut, marah, atau emosi negatif lainnya. 

Saat Anda menghadirkan peristiwanya dalam pikiran Anda dan merasakan cukup nyata emosi tersebut (dengan ciri napas yang berat dan gejala lainnya), sekarang Anda perhatikan bagian tubuh mana yang membuat Anda merasakan sensasi. Sensasi tubuh tidak selalu berupa sakit, bisa juga rasa kebas, ngilu, atau sekadar terasa getaran saja. 

Coba lakukan teknik berikut :
 
  1. Bila bagian yang merasakan sensasi bisa disentuh dengan tangan Anda, maka sentuhlah.
  2. Bila berada di bagian belakang dan sulit menyentuhnya, maka visualisasikan tubuh Anda seolah berada di depan Anda dan sentuh bagian yang terasa. Misalnya, punggung, maka seolah punggung Anda berada di hadapan Anda dan sentuhlah. 
  3. Sekarang lakukan pernapasan dengan teratur dan pelan. Pusatkan pada sentuhan tersebut.
  4. Setelah beberapa saat, kini visualisasikan napas yang Anda hirup dan pindahkan ke bagian yang sakit tersebut, seolah napas keluar masuk melalui bagian yang Anda sentuh.
  5. Bila intensitasnya menurun, maka segera sambung dengan doa pada Tuhan untuk mmeberikan izin agar Anda bisa terbebas dari sensasi tersebut,, lalu lepaskan. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan syukur kepada-Nya.

Menurut Irma, cara ini termasuk penyembuhan diri sederhana yang bisa Anda terapkan pula pada orang lain yang membutuhkan. Sama dengan cara Anda melakukannya pada tubuh sendiri. Anda tinggal menyentuh bagian yang sakit dari teman atau kerabat dengan seizinnya, kemudian Anda yang melakukan napas penyembuhannya.

Saat melakukannya, tambahnya,  terkadang Anda akan merasakan sensasi hangat atau panas di telapak tangan Anda. 
Tenang saja, tidak akan terjadi apa pun. Bila Anda muslim, Anda bisa melantunkan istighfar untuk lebih menambah kekuatan penyembuh Anda. 
Irma menyarankan, sebelum melakukan pengobatan pada orang lain, lakukan dan latihlah pada diri sendiri terlebih dahulu. 

Cara ini juga sangat efektif untuk menetralkan emosi negatif yang mengganggu diri Anda, misalnya marah yang sangat memuncak atau kesedihan yang sangat dalam. Walau tidak serta merta efektif dan menuntaskan, namun sangat membantu untuk merasa sedikit lebih tenang.
Please write your comments