5 Tips Menghindari dan Mencegah Perilaku Konsumtif - Jurnal Darul Azis

5 Tips Menghindari dan Mencegah Perilaku Konsumtif

5 Tips Menghindari dan Mencegah Perilaku Konsumtif


Ilustrasi via SMASHgods



Jamak diketahui perilaku konsumtif adalah kebiasaan menuruti keinginan-keinginan atas sebuah produk (makanan atau barang) hingga menimbulkan ketergantungan.

Berperilaku konsumtif memang akan sangat merugikan. Tak hanya menguras kantong dan saldo di rekening, perilaku ini juga menyiksa batin karena keinginan yang terus menggebu. Untuk itu, kami memberikan beberapa tips mengenai cara menghindari perilaku konsumtif yang perlu Anda terapkan.


1. Merencanakan Keuangan
Merencanakan keuangan itu penting dilakukan agar setiap pemasukan dan pengeluaran dapat lebih rapi dan teratur. Dengan perencaan keuangan yang matang, seharusnya dapat menghindarkan diri Anda dari keinginan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak/belum Anda butuhkan. Dan, satu hal penting setelah Anda membuat rencana keuangan ini adalah konsistensi sikap terhadap rencana keuangan yang telah Anda buat. Sebab bagaimanpun bagusnya rencana keuangan, kalau Anda tidak konsisten terhadapnya akan nihil hasilnya.

2. Tidak Mengikuti Gaya Orang Lain, Jadilah Diri Sendiri

Perilaku konsumtif sering kali muncul karena terpicu perilaku orang lain yang memang cenderung mengarah ke sikap konsumtif, seperti artis-artis di TV atau teman-teman Anda yang punya kebiasaan konsumtif misalnya. Anda tidak perlu mengikuti mereka. Jadilah diri sendiri. 


3. Mengurangi Pergaulan yang Konsumtif

Perilaku konsumtif juga sering kali dipantik oleh pergaulan Anda; dengan siapa Anda bergaul dan apa kegiatan Anda selama bergaul. Bergaul dengan cara-cara arisan, dugem, atau nongkrong-nongkrong di tempat-tempat mewah adalah beberapa contoh pergaulan yang dapat memunculkan perilaku konsumtif. Jadi sebaiknya hindari pergaulan mahal yang dapat mengarah pada sikap konsumtif bagi Anda.

4. Berteman Dengaan Orang yang Hidup Sederhana dan Selalu Bersyukur

Ini merupakan antitesis dari tips nomor 3.  Berteman dengan orang yang hidupnya sederhana dan selalu bersyukur, dapat menularkan energi anti-konsumtif bagi diri Anda. Bertemanlah dengan mereka, karena selain dapat mencegah perilaku konsumtif ini juga dapat menumbuhkan rasa syukur dalam diri Anda. Terlebih lagi jika Anda mampu melihat dan menyadari kelebihan-kelebihan yang Anda miliki dibanding orang lain.

5. Memperbanyak Berbagi

Kebiasaan berbagi barangkali adalah perilaku konsumtif yang baik dan sangat dianjurkan. Kebiasaan ini merupakan wujud rasa syukur kita dan setiap agama pasti telah mengajarkan betapa pentingnya berbagi kepada sesama. Ingatlah, masih ada banyak orang di luar sana yang memerlukan bantuan Anda. Bantuan yang Anda berikan kepada mereka, selain dapat meringankan beban dan penderitaan mereka, juga dapat menumbuhkan sikap lemah lembut dan empati dalam diri Anda, dan yang jelas dapat mencegah Anda dari perilaku konsumtif dan percuma. So..do it from now.


Please write your comments