Sepuluh Gambar Ilustrasi Ini Tunjukkan Betapa Parahnya Kehidupan Manusia Sekarang - Jurnal Darul Azis

Sepuluh Gambar Ilustrasi Ini Tunjukkan Betapa Parahnya Kehidupan Manusia Sekarang

Sepuluh Gambar Ilustrasi Ini Tunjukkan Betapa Parahnya Kehidupan Manusia Sekarang

Kehidupan manusia zaman sekarang tampaknya memang semakin memprihatinkan. Perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, dan semakin pesatnya kemajuan di bidang teknologi, ternyata tidak serta-merta membuat manusia semakin cerdas dan berbudi. Justru sebaliknya, zaman bergerak dengan begitu cepatnya hingga mengakibatkan manusia semakin kewalahan karenanya. Ilmu pengetahun semakin mudah untuk didapat, hingga manusia sering lupa untuk mengamalkan. Dan kemajuan teknologi, semakin memanjakan kehidupan hingga membuat manusia semakin lemah dan tak berdaya.

Ilustrasi-ilustrasi berikut akan sangat menampar kita (manusia yang katanya modern dan lebih berpendidikan ini), bahwa ternyata kehidupan di dunia tidak sebaik apa yang kita kira. Barangkali karena sudah terlampau biasa dan menjadi fenomena, sehingga rasa khawatir pun tidak muncul sebagaimana semestinya.

1. Terus-menerus Menjadi Pemburu Uang, Sampai Tak Sadar Ajal Segera Datang

Pemuja Harta/Sumber Gambar : The Controversial Files

Untuk apa menumpuk harta, sedangkan ketika mati semua itu tidak dibawa. Semakin banyak orang yang lupa, bahwa pada akhirnya bukan kekayaanlah yang akan dikenang setelah ia tiada, melainkan kebaikan dan jasa yang pernah diukirlah yang akan selalu hidup abadi di dunia.


2.  Menggadaikan Diri Demi Harta dan Jabatan



Demi uang, ia rela menggadaikan dirinya. Ia rela dibeli dan memberikan kesaksian palsu. Ketika sudah diberi uang, ia berlagak buta dan tak mengerti apa-apa.  Begitu sudah diberi uang, ia berlagak tuli. Ketika sudah diberi uang, ia bungkam.

3.  Rela Mati Sia-sia Demi Kedudukan dan Harta



"Yang penting tidak mati dalam keadaan miskin," katanya.

4.  Orang-orang Berpendidikan Berebut Kerja




 


Memang hanya itu motivasinya : sekolah yang tinggi agar mudah mendapatkan kerja. Walau kemudian kenyataannya sama saja. Ada banyak lulusan yang berpikiran sama. Ada banyak orang berpendidikan yang berkeinginan serupa. Sampai-sampai yang berpikir dan berkeinginan di luar itu, akan terlihat begitu asing di matanya. 

5.  Jalan Pintas Dianggap Pantas, Uang Suap Terus Dilahap


Karena punya banyak uang, ia anggap semua urusan menjadi gampang. Karena butuh uang, ia anggap semua uang yang datang adalah haknya.

6.  Bisa Terbebas Dari Segala Hukuman, Asalkan Ada Uang yang Jadi Jaminan


Di penjara, kita memang tidak boleh membawa gergaji besi, tapi boleh membawa uang.

7.  Manjadi Budak Atas Barang Ciptaannya Sendiri




Seperti candu, ia akan terus membuat ketagihan. Dan anehnya, tak banyak yang menyadarinya. Atau kalaupun itu disadari, mereka tak kuasa untuk berpaling dan berlari. 
 Menjadi pemalas itu asyik, Tuan!

8. Beragama Tapi Bodoh


Yang penting beragama, beribadah, dan berdoa!


9.  Menjadi Penjaja Kemiskinan




  
Kemiskinan hanya dijadikan sebagai bahan pertunjukan, untuk meraup sebesar-besar keuntungan. 

10. Lebih Mementingkan Citra Diri Ketimbang Kualitas Diri





Yang penting eksis dan terkesan prestise.  Perkara isi otak kosong, itu lain urusan. Sekali lagi, yang penting eksis dan terlihat prestise.

Sumber gambar : Facebook Art & Philosophy  dan The Controversial Files



9 comments