Memerawani Kembang Soka yang Cantik Jelita dan Penuh Pesona - Jurnal Darul Azis

Memerawani Kembang Soka yang Cantik Jelita dan Penuh Pesona

Keindahan Jogja agaknya memang tak akan pernah habis untuk diceritakan dan dieksplorasi. Selalu ada saja tempat-tempat wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Dan karena itulah mungkin, yang membuat Jogja selalu tersimpan dalam memori orang-orang yang pernah tinggal di dalamnya. Sehingga suatu saat pasti ingin kembali lagi dan lagi, menggali cerita dan kenangan yang senantiasa lekat dalam ingatan.

Berkunjung ke tempat wisata populer di Jogja, mungkin sudah biasa dan sering dilakukan kebanyakan orang. Sehingga tak jarang, pengalaman piknik pun akhirnya menjadi sangat biasa dan kurang berkesan. Namun akan berbeda jika misalnya, Anda mengunjungi tempat wisata yang terbilang baru dan belum cukup populer. Di sana Anda akan mendapatkan mendapatkan pengalaman yang tentu saja lain daripada yang lain, berkesan, dan tak terlupakan.
Karena itu, Anda perlu referensi tempat wisata di Jogja yang terbilang masih baru, perawan, dan alami. Dan artikel inilah salah satu jawaban atas kebutuhan informasi tempat wisata baru yang sedang Anda cari.
Air Terjun Kembang Soka Girimulyo/Azastranesia

Salah satu destinasi wisata baru di Jogja yang harus Anda ketahui dan kunjungi adalah air terjun Kembang Soka. Saya bersama teman piknik terbaik saya, Tetra Falensia telah berkunjung ke sana pada Senin, 11 April lalu. Sebuah perjalanan yang tak direncanakan sebelumnya, maksudnya untuk lokasi spesifiknya, karena siang itu kami hanya ingin berjalan ke barat. Pokoknya ke barat, udah itu aja. Hehe

Siang itu kami bertolak dari bilangan Tugu Jogja di bawah bayang-bayang cuaca yang mendung. Hingga begitu sampai di Godean,  hujan deras mengguyur seakan berusaha meluruhkan niat kami. Namun kami terus berjalan, di antara derasnya air hujan dan terpaan angin yang cukup kencang. Hingga kemudian kami berhenti untuk beberapa waktu lamanya di jembatan sungai Turusan, Dusun Tileng Desa Pendoworejo Girimulyo Kulon Progo untuk menyaksikan derasnya air sungai bersama masyarakat setempat. Arus air sungai sore itu benar-benar besar, meluap hingga menumbangkan banyak pohon di tepiannya serta mengikis tanah sawah penduduk. Melihatnya, membuat kami merasa ngeri-ngeri penasaran.
Luapan air di sungai Turusan, Tileng Girimulyo, Westprog/Azastranesia

Setelah setengah jam menyaksikan luapan air sungai yang sungguh deras itu, kami melanjutkan perjalanan ke barat sebagaimana rencana awal. Di depan kami, bukit menoreh tampak menjulang tinggi seolah tengah menantang kami untuk bisa menaklukkannya. Meski masih tanpa tujuan yang pasti, kami terus menaiki jalanan bukit menoreh yang menanjak dan berliku-liku itu. Sementara di sisi jalan, kami melihat ada beberapa pohon yang tumbang, juga tanah yang longsor sehingga menuntut kami untuk tetap waspada. Namun di saat yang sama, kami juga disuguhi pemandangan yang teramat indah, seperti air terjun dan kabut-kabut yang menyelimuti lembah serta rumah penduduk. Karena itulah, kami menyempatkan diri untuk berhenti sejenak dan mengambil gambar.
Pemandangan alam bukit menoreh, tampak ada dua air terjun di sana/Azastranesia

Setelah selesai mengambil gambar, kami berjalan kembali menaiki jalan pegunungan yang ternyata semakin tinggi saja. Hingga akhirnya, setelah menempuh jarak yang cukup jauh kami menemukan beberapa petunjuk yang bisa membawa kami ke tempat wisata. Kami mengambil arah menuju Gua Kiskendo, lalu berjalan terus hingga sesampainya di sebuah pertigaan kami menemukan pemandangan hutan pinus. Setelah itu, kami mengambil jalan arah kiri dan mengikutinya sampai kemudian bertemu dengan pertigaan lagi. Di sinilah kami menemukan petunjuk jalan menuju Grojogan Mudal, kami mengambil arah kiri dan keputusan itulah yang akhirnya membawa kami ke salah satu tempat wisata terbaik di Jogja, di usianya yang masih belia : Air terjun Kembang Soka.
Air terjun Kembang Soka ini berada di Dusun Gunung Kelir Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo. Menurut salah seorang pengelola yang sempat saya temui, tempat wisata ini baru dibuka secara resmi dan dikelola secara lebih serius sejak 8 bulan yang lalu, per April 2016 ini.

Di area wisata ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan tiga air terjun yang berbeda-beda dengan hanya membayar uang retribusi sebesar Rp3.000 per orang dan jasa parkir motor sebesar Rp.2.000 per motor. Air terjun pertama, memiliki ketinggian sekitar 10 meter, air terjun kedua sekitar 7 meter, dan air terjun ketiga tingginya berkisar 15 meter.  Selain dapat menikmati guyuran dan tempias air terjun, pengunjung juga dapat berenang ria di area ciblon Tempuran, yang merupakan pertemuan aliran air dari ketiga air terjun tadi. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, tenang saja karena di sini pengelola sudah menyediakan penyewaan ban cukup dengan membayar Rp3.000 rupiah saja per bannya.

Soal pemandangan alamnya bagaimana? Tak perlu diragukan lagi, sebagai tempat wisata baru di Jogja, tentulah pemandangan di sini masih sangat alami. Air terjun ini berada di kawasan hutan desa yang rimbun dan terjaga kelestarian dan kesejukannya. Sangat cocok bagi Anda yang merindukan suasana alam nan tenang dan hanya diselingi suara deras air yang jatuh menimpa bebatuan.
Potret dari puncak air terjun Kembang Soka/Azastranesia

Satu hal yang menurut saya juga menjadi nilai tambah tempat wisata air ini adalah banyaknya bunga-bunga yang tumbuh di sekitar air terjun merupa taman-taman kecil. Sayangnya, ketika kami berkunjung kemarin tanaman tersebut tidak sedang berbunga, kalau sedang berbunga saya yakin akan sangat indah sekali dan semakin sedap dipandang mata.

Oh iya...karena air terjun berada di lembah, maka pengunjung terlebih dahulu harus berjuang menuruni jalan berundak. Cukup menantang fisik, karena selain licin jumlah undakannya juga terbilang banyak. Jadi pastikan Anda sudah minum air putih sebelum menuruni lembah ini, biar fokus dan nggak kepleset. Ehehe
Jalan berundak menuju lokasi air terjun/Azastranesia

Dan yang lebih seru lagi menurut saya adalah pengunjung harus melintasi jembatan-jembatan bambu dengan ukuran panjang yang berbeda-beda. Tentu ini akan sangat menantang adrenalin Anda, terutama yang phobia ketinggian dan berbadan agak berat. Ups..hehe
Jembatan bambu, air terjun, dan seorang gadis/Azastranesia

Tenang...nggak tinggi-tinggi amat kok. Juga dipastikan jembatan bambu tersebut masih kuat menampung Anda, segemuk apa pun badan Anda.
Sambil menikmati keindahan pemandangan air terjun Kembang Soka ini, pengunjung juga dapat beristirahat di gazebo atau warung-warung yang berada tak jauh dari lokasi. Anda bisa memesan kopi panas dengan harga mulai Rp2.000 saja. Sangat terjangkau bukan?

Nah, jika Anda ingin datang ke sini, saya menyarankan agar datangnya pagi hari. Sehingga bisa lebih puas bermain air atau Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain yang tak tak kalah indahnya. Karena masih ada beberapa tempat wisata lain yang juga bisa Anda nikmati keindahan pemandangannya dan jaraknya pun tak jauh dari air terjun Kembang Soka ini. Seperti Kedung Pedut, Taman Sungai Mudal, Goa Kidang kencana, puncak Gunung Lanang atau Embung Banjaroya dan beberapa tempat wisata lainnya.
My Trip, My Blogging/Azastranesia

Kamu nggak pengen ke sini kayak aku? Azastranesia

Gunung Lanang Girimulyo, Kulonprogo/Azastranesia

Hari beranjak sore, setelah puas menikmati keindahan pemandangan alam di air terjun Kembang Soka, kami bergegas pulang. Di lokasi parkir, saya sempat mengobrol dengan pihak pengelola dan menggali informasi darinya.
“Tempat ini murni swadaya masyarakat Mas, bantuan dari pemerintah belum ada,” terangnya kepada saya. Kalau soal pengunjung, pelan-pelan sudah mulai berdatangan meski ya belum banyak-banyak banget,” jawabnya kemudian ketika saya bertanya terkait jumlah pengunjung.
“Semoga ke depan semakin banyak pak pengunjungnya. Akan saya bantu semampu saya melalui publikasi di internet.” Kata saya memberi dukungan.
“Wah, terimakasih Mas sebelumnya. Jangan lupa ajak teman-temannya untuk datang ke sini,” ia menyambut gembira.
Nah..pembaca, sekarang Anda jadi tahu kan kalau sebenarnya kedatangan Anda sangat dinantikan? So, tunggu apa lagi? Segera jadwalkan diri untuk berkunjung ke sini dan dapatkan pengalaman tak terlupakan setelah mengunjungi air terjun Kembang Soka yang penuh pesona.