Ketika Jokowi Membasuh Mukanya Dengan Air Laut Pantai Pulau Miangas - Jurnal Darul Azis

Ketika Jokowi Membasuh Mukanya Dengan Air Laut Pantai Pulau Miangas

Ketika Jokowi Membasuh Mukanya Dengan Air Laut Pantai Pulau Miangas

Sumber : @Antarafoto
Kredit gambar : @adwitbpramono

Sebagaimana tercantum dalam keterangan gambar, saya menemukan foto tersebut di akun instagramnya Antara Foto. Dalam kepsyennya, disebutkan Presiden Joko Widodo membasuh muka dengan air laut di Pantai Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (19/10). Kunjungan dalam rangka peresmian Bandar Udara Miangas tersebut, merupakan pertama kali dilakukan Presiden RI yang terletak paling utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Entah mengapa, di luar hal-hal yang menyangkut kelogisan 'mengapa Presiden Jokowi kok cuci muka dengan air laut' misalnya, saya merasa tersentuh dengan foto tersebut. Hal yang saya tangkap kemudian adalah barangkali itu merupakan sebuah 'ritual khusus' yang memang sengaja dilakukan oleh Presiden Jokowi, kaitannya dengan politik pembangunan di Indonesia bagian Timur. Sebagai Presiden, sebagai orang Jawa, Jokowi pasti paham soal itu. Dan bagi saya, 'ritual' membasuh muka itu sangat tepat sekali untuk dilakukannya.

Oh iya, foto di atas sebenarnya sangat bully-able. Doakan saja, semoga tidak ketahuan para penyebar kebencian di republik ini. 




Please write your comments