Inilah Cara Agar Kamu Tetap Produktif di Semua Kondisi - Jurnal Darul Azis

Inilah Cara Agar Kamu Tetap Produktif di Semua Kondisi

Inilah Cara Agar Kamu Tetap Produktif di Semua Kondisi

Banyak yang beranggapan produktivitas seseorang sangat bergantung pada sumber daya yang dimiliki. Semakin banyak seseorang memiliki sumber daya, maka akan semakin produktiflah ia. 

Benarkah begitu?

Anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Produktivitas itu adalah soal bagaimana kamu memanfaatkan seluruh sumber daya yang kamu miliki (waktu, tenaga, dan modal) untuk mencapai tujuan-tujuan hidupmu. Bukan hanya soal punya tidaknya sumber daya.

Inilah Cara Agar Kamu Tetap Produktif di Semua Kondisi

Kita ambil contoh misalnya soal waktu. Titik tekannya bukan hanya pada berapa lama waktu yang dimiliki, melainkan bagaimana waktu yang kamu miliki itu benar-benar bisa kamu manfaatkan untuk mencapai tujuan-tujuan hidupmu. Sehingga dalam keadaan sempit ataupun lapang tidak akan ada bedanya, mereka yang produktif akan terus mampu menghasilkan sesuatu/karya.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara memaksimalkan sumber daya yang kamu miliki? 

Lima tips ini semoga bisa membantumu mendongkrak produktivitas dalam berkarya dan bekerja.

Pertama, kamu harus memiliki motivasi yang terus menyala. Motivasi itu bisa berasal dari harapan yang ingin kamu dapatkan dari apa yang lakukan sekarang. Apakah itu materi, kepuasan batin, apresiasi, ataupun hal lain. Bebas. Tentukan sesukamu. Tanamkan kuat-kuat dalam hati dan pikiran. Agar selanjutnya, motivasi itulah yang akan menuntun langkahmu.

Kedua, kamu harus mau mengasah kemampuan secara terus-menerus. Artinya kamu harus tetap belajar dan berlatih. Termasuk dalam hal ini kamu juga harus terbuka terhadap hal-hal baru yang ada di sekitarmu. Ingat, skill itu 1 persen berasal dari bakat dan 99 persennya berasal dari proses latihan.

Ketiga, kamu harus punya keberanian untuk mencoba. Apa pun itu. Jangan jadi pengecut, dunia ini hanyalah untuk orang-orang yang berani. Begitu juga Tuhan, ia hanya selalu bersama orang-orang yang berani. Jangan pernah takut salah, apalagi kalau kesalahan itu akan memberikanmu banyak pelajaran.

Keempat, kamu harus bisa bangkit ketika menuai kegagalan. Ini memang agak sulit, tapi kalau kamu ingin menjadi orang yang produktif, kamu harus mampu bangkit ketika kamu menuai kegagalan.

Kelima, kamu butuh evaluasi dan apresiasi pada diri sendiri setelah menyelesaikan sesuatu. Ini juga tak kalah penting, agar kualitas karya dan kepuasanmu terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sumber gambar: venasolutions.com

16 comments

  1. Kadang motivasi sering surut tak berujung,,

    ReplyDelete
  2. jadi keinget sama omongan dosen waktu kuliah, ciri2 orang sukses itu salah satunya mampu bangkit dari keterpurukan.

    It easier said than done sih, tapi life must go on ya kan?

    Ahh semoga tetep bisa produktif dalam berbagai suasana dan kondisi ya, apalagi sebagai content creator baik blogger ataupun youtuber...

    Thanks banget nih self reminder...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, hidup tetap berjalan seterpuruk apa pun kondisi kita. Jadi ya mau nggak mau tetap harus bangkit. Haha


      Semoga tetap semangat untuk terus menghasilkan konten2 berkualitas.

      Delete
  3. pencerahan sangat bagi orang yang sedang galau pada kondisi keuangan yang setipis silet selalu teh, dengan semua poin diatas saya harus kembali bangkit.....haturnuhun ilmunya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir Mang.

      Sama-sama memberikan support dan saling belajar. Biar klau ada yg jatuh bisa segera diajak untuk bangkit dan ditnjukkan arah jalan pulang 😂😂

      Delete
    2. balik lagi kesini dan kepikiran jika pengen tetap produktif adalah untuk kita selalu beribadah dan bersandar kepada-Nya, agar kemudahan selalu kita dapatkan....setuju nggak, coba?

      Delete
    3. Ya kalau itu relatif Mang. Kalau orang ateis gimana?😂😂

      Delete
  4. Semoga saya bisa menerapkan tips di atas walau gak langsung, hehe
    Thanks for sharing bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bisa Mas. Kalo nggak bisa ntar dimarah Si Mbah. 😁😁

      Thanks udah mampir :)

      Delete
  5. kalau ditambahin ilustrasi sepertinya tambah jos, pembaca mendapatkan gambaran harus seperti apa aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas Agus masukannya.

      Itu sengaja tak bikin pendek dan tanpa ilustrasi, karena saya kira pembaca sudah mengerti gimana cara aplikasinya. Karena itu cuma tips yang sebenarnya masih sangat umum.

      Delete
  6. Motivasi itu apa sih? Kenapa kita mesti termovitasi?

    Coba deh googling keyword "motivation is a lie". Inspiratif banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, betul. Pendapat soal motivation is a lie, itu saya aku memang bagus. Tapi hanya dalam konteks hubungannya dengan para motivator yang menjual mulutnya.

      Sementara bagiku, motivasi itu energi yang akan menggerakkan kita.

      Kenapa kita harus termotivasi (berenergi)?

      Tak lain karena kita membutuhkannya. Pencapaian tujuan hidup kita tidak akan berhasil kalau tanpa ada tenaga yang menyertainya.

      Terima kasih sudah mampir Mas.

      Delete