Jangan Harap Mendapat Kontrakan Nyaman Sebelum Memperhatikan Tips Mencari Kontrakan Berikut Ini - Jurnal Darul Azis

Jangan Harap Mendapat Kontrakan Nyaman Sebelum Memperhatikan Tips Mencari Kontrakan Berikut Ini

Jangan Harap Mendapat Kontrakan Nyaman Sebelum Memperhatikan Tips Mencari Kontrakan Berikut Ini

Rumah Murah di Kontrakan

Bagi kamu yang berada di perantauan dan belum memiliki rumah sendiri, solusi yang paling tepat biasanya adalah memilih tinggal di rumah kontrakan.

Walaupun rumah kontrakan hanya bersifat untuk sementara, kamu tetap harus memperhatikan banyak hal dalam mencari kontrakan. 

Nah, bagi kamu yang belum memiliki rumah sendiri, atau sedang dalam perantauan, maka berhati-hatilah dalam memilih rumah kontrakan. Sebab, salah memilih rumah kontrakan bisa membuatmu  menyesal selama tinggal di kontrakan itu. 

Lantas, bagaimana cara memilih dan mencari kontrakan agar kamu tidak menyesal di kemudian hari? Ini dia tipsnya:

1. Harga sewa kontrakan yang terjangkau

Hal yang paling utaman adalah mencari rumah kontrakan yang harganya terjangkau menurut kemampuan finansialmu.

Perhatikan pula fasilitas yang kamu dapat dari harga terjangkau itu, karena biasanya kontrakan yang murah fasilitasnya tidak selengkap kontrakan mahal.

Bandingkan dahulu dengan kotrakan di tempat lainnya, apabila memiliki harga sama namun fasilitasnya berbeda, maka kamu bisa mengontrak perumahan murah di Tangerang yang fasilitasnya lengkap. 

Bandingkan bagus tidaknya rumah, kebersihan WC, kenyamanan tempat tidur, luas tidaknya ruangan, dan lain sebagainya. carilah yang harganya miring dengan fasilitas lengkap. 

2. Dekat dengan aktifitas rutinmu

Pilihlah rumah kontrakan yang dekat dengan aktivitas sehari-harimu, missal jika kamu bekerja maka carilah kontrakan yang dekat dengan tempat kerjamu. Jika statusmu masih mahasiswa, tentunya kamu harus mencari kontrakan yang dekat dengan kampus.

Jika rumah kontrakanmu dekat dengan tempat aktivitas sehari-harimu, maka kamu bisa menjangkau tempat tersebut dalam sekejap, bahkan bisa dengan jalan kaki. Hal tersebut memungkinkanmu untuk bisa lebih berhemat. 

3. Dekat dengan tempat ibadah 

Prioritaskan rumah yang dekat dengan tempat ibadah, apalagi sebagai seorang muslim. Ibadah adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, maka jika rumahmu dekat dengan tempat ibadah akan membuatmu selalu ingat waktu ibadah. Baik bekerja ataupun kuliah, ingat kepada Tuhan adalah hal yang wajib bukan? 

4. Tempat dan lingkungan yang bersih

Tips selanjutnya adalah memilih rumah kontrakan yang berada di tempat serta lingkungan bersih. Dengan lingkungan yang bersih, maka kamu dan keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti demam berdarah, sakit perut, dan sebagainya. 

Apabila rumahmu jauh dari selokan yang berbau, jauh dari tempat pembuangan sampah umu, serta jauh dari polusi kendaraan dan pabrik, maka kamu akan merasa nyaman tenang dan damai berada di rumah kontrakan. 

5Pilih daerah yang aman

Tempat yang aman menjadi pertimbangan utama dalam memilih hunian. Percuma saja bila rumahmu bagus, mewah, luas, namun daerah sekitarnya tidak aman. Aman bisa berarti aman dari tindakan kriminalitas, pencurian, maupun bencana alam. Jika daerahnya tidak aman maka kamu sebagai penyewa kontrakan juga merasa rugi. 

Terutama untukmu yang ingin membuka usaha di rumah kontrakan, atau sekitarnya, keamanan lingkungan harus lebih diperhatikan. Pilih letak yang aman, yaitu letak rumah yang tidak di tepi tebing, atau bawah tebing, bencana tanah longsor bisa datang tiba-tiba. Maka demi keselamatanmu dan keluarga, mencari kontrakan yang aman harus diutamakan. 

6. Buat kamu yang ingin membuka usaha pilihlah rumah kontrakan di tempat ramai atau jalan besar

Apabila kamu mencari kontrakan untuk sebuah usaha, utamakanlah lokasi yang strategis, yaitu pinggir jalan raya dan tempat yang ramai. Dengan begitu usaha yang kamu jalankan akan lebih mudah ditemukan banyak orang serta ramai pengunjung. Keuntungan yang didapat juga semakin tinggi. 

Jadi, untukmu yang ingin membuka usaha seperti rumah makan, jasa laundry, toko sembako dan sebagainya, carilah rumah kontrakan yang lokasinya strategis. 

Kemajuan suatu usaha dipengaruhi oleh letaknya yang ideal serta strategis. Percuma saja jika Anda membuka usaha yang besar namun berada di tempat yang sepi dan tidak banyak yang mengetahui letak tersebut. 

7. Fasilitas yang memadai

Tips mencari rumah kontrakan yang terakhir adalah dengan memilih fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut tidak hanya fasiitas internal rumah seperti kamar, kamar mandi, ruang tamu, listrik air, dan sebagainya, namun juga fasilitas eksternal seperti tempat ibadah yang dekat, WC umum, dan taman sekitar rumah. 

Banyak loh rumah kontrakan yang murah dan bagus, namun sulit mendapat air bersih. Memang semua hal itu pasti ada kekurangan dan kelebihannya, maka pertimbangkan dengan baik hal tersebut. 

Pilihlah rumah kontrakan yang sesuai dengan keinginanmu, jangan hanya berpikir mengenai harga yang murah, namun pikirkan juga kemungkinan yang akan terjadi setelah kamu memutuskan untuk tinggal di kontrakan tersebut. Tentu tak ada rumah kontrakan yang sesempurna poin-poin di atas, namun setidaknya kamu mencari kontrakan mana yang memenuhi kriteria kontrakan ideal.

Please write your comments