Apakah Trading Saham itu Worth It dengan Modalnya?? - Jurnal Darul Azis

Apakah Trading Saham itu Worth It dengan Modalnya??

Apakah Trading Saham itu Worth It dengan Modalnya??


Saya punya sedikit cerita sebagai pelaku pasar harian, tapi ini intermezo saja ya. 


Hari ini saham ANTM sedang ijo. Saham ANTM ini kita sebut saja sebagai bagian dari kelompok saham A. Per sekarang ini, saya untung 7.500/lotnya. Untuk mendapatkan keuntungan segitu, saya mengeluarkan uang 200-an ribu. 


Selain ANTM, saya juga punya saham JHMRH, TAKAMP, dan BLNG. Ketiga saham ini kita sebut saja sebagai kelompok saham B. 

Kelompok saham B ini tidak ada di perusahaan sekuritas manapun, nama saham tersebut akal-akalan saya saja, tapi memang memberikan keuntungan uang yang nyata setiap harinya. 😃


Saham JMRH sudah terbilang matang. Saya hanya perlu mengeluarkan uang 40 ribu, untuk bisa mendapatkan 40 ribu, atau untung 100 persen. 


Saham TKAMP, ini saham baru namun termyata cukup menjanjikan. Jika saya mengeluarkan modal 75 ribu, maka saya akan mendapatkan keuntungan 15 ribu atau sekitar 20 persen. Sedangkan untuk saham BLNG saya perlu mengeluarkan uang 80 ribu untuk mendapatkan keuntungan 40 ribu, atau untung 50 persen. 


Kalau dibandingkan, nilai keuntungan saya keduanya sangatlah jauh. Bahkan kalau modal kelompok saham B digabungkan, belum bisa menyamai modal kelompok saham A. Saya kalau ditanya apakah trading pada kelompok saham A yang saya lakukan ini worth it atau tidak, dalam kalkulasi profit jelas tidak. 


Tapi pada akhirnya kedua kelompok tersebut "harus" saya ambil semua sebab kelompok saham A, saat ini hanya saya jadikan sebagai medan pembelajaran baru sebagai pemilik perusahaan yang lebih besar. Sedangkan kelompok saham B, saat ini saya jadikan sebagai alat pengganda modal perusahaan kecil saya yang harapannya juga kelak bisa tumbuh besar, walau perlahan.

Please write your comments