Ilustrasi via https://www.kompasiana.com/darul18 |
Tahun 2018 segera tiba. Jutaan kembang api akan segera dinyalakan. Jutaan orang akan merayakan malam pergantian tahun secara bersama di banyak tempat. Langit akan tampak benderang oleh letupan nyala api yang berwarna-warni. Mereka yang merayakan menjadi gembira dan lega, serta menaruh harapan besar di tahun yang baru saja tiba.
Setelah perayaan kembang api usai dan tahun secara resmi telah berganti, orang-orang kemudian menetapkan resolusi-resolusi tahun baru. Yakni hal-hal yang ingin mereka capai di tahun yang baru itu. Tak lupa, mereka kemudian mempublikasikannya di media sosial. Entah dengan tujuan apa, namun yang jelas, banyak orang melakukannya.
Sementara di sebuah rumah terpencil di pinggiran suatu kota, para analis pasar yang rata-rata adalah anak-anak muda, bekerja lebih giat untuk merekap data calon konsumen yang sedang berhamburan di internet itu. Ini adalah kesempatan emas bagi mereka untuk mengeruk keuntungan. Di kolom search media sosial, mereka tinggal mengetikkan kata kunci "Resolusi" dan keluarlah daftar keinginan yang akan dicapai oleh banyak orang di tahun yang baru itu.
Data-data yang ada kemudian dikelompokkan dalam beberapa kategori seperti geografis, usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, agama, hobi, dan pekerjaan.
Bagi Anda-Anda yang di tahun baru ini menetapkan resolusi ingin kurus, tenang saja, data-data tentang Anda telah kumpulkan dan kami rekap. Jumlahnya ada sekian banyak orang. Tak lupa kami juga kemudian mencari, di mana populasi terbanyak dari orang-orang yang ingin kurus itu tinggal.
Selanjutnya, data itu akan kami jual kepada perusahaan obat peramping badan, perusahaan alat-alat olah raga, televisi-televisi, dan media massa lainnya. Dan kemudian, hal-hal yang bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin kurus seperti Anda, akan didistribusikan dengan begitu masif. Baik berupa obat-obatan, video, artikel, maupun yang lainnya. Hingga sampailah solusi itu kepada Anda. Selamat!
Di tahun baru ini, Anda-Anda banyak yang pengin menikah. Tenang saja, kami akan mewujudkan keinginan Anda. Kami akan kabarkan keinginan Anda kepada perusahaan-perusahaan jasa wedding organizer, agar mereka bergerak cepat. Seperti membombardir akun medsosnya dengan foto-foto ciamik seputar pernikahan.
Kami akan kabarkan pula keinginan Anda itu kepada perusahaan-perusahaan percetakan undangan, agar berlomba-lomba membikin desain undangan yang cantik.
Begitu juga kepada media-media massa, kami sarankan kepada mereka agar sejak dini merancang pemberitaan tentang pernikahan yang spektakuler, sehingga membuat Anda semakin ngiler. Karena di saat yang sama, para manager artis pun juga sudah mendesain artis-artisnya untuk digosipkan akan dengan menikah dengan siapa, atau bahkan akan benar-benar menikah dengan siapa.
Di tahun baru ini, di antara Anda-Anda semua banyak yang ingin traveling ke luar negeri. Artinya Anda membutuhkan pesawat, hotel, kamera, asuransi, perlengkapan traveling, obat-obatan, artikel-artikel tentangnya, buku-buku saku tentang traveling ke luar negeri, dan paket internet luar negeri yang murah bukan?
Tenang saja. Hal itu akan segera terwujud. Data keinginan Anda akan kami 'sampaikan' kepada perusahaan-perusahaan yang membidangi kebutuhan Anda di atas, dan mereka akan dengan sigap menyediakannya.
Hanya itu?
Tidak. Masih ada lagi. Karena di antara Anda, banyak juga yang di tahun baru ini menginginkan hape, laptop, kamera, motor, mobil, dan rumah baru.
Sekali lagi tenang saja. Keinginan Anda akan segera terwujud, karena perusahaan-perusahaan yang membuat produk-produk keinginan Anda akan dengan senang hati menyediakannya, lengkap dengan harganya yang bersaing, fiturnya yang lengkap, dan metode pembayaran yang bahkan bisa dicicil. Artinya ada produsen, distributor, dan bank dan perusahaan pembiayaan lain yang akan terlibat dalam bisnis ini, demi memenuhi keinginan Anda.
Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena tahun lalu Anda telah sudi berbagi keinginan, harapan, dan target Anda di masa depan sehingga mempermudah kerja para analis pasar seperti kami dan mempermudah perusahaan untuk menetapkan target produksi dan penjualannya.
Resolusi tahun baru yang Anda dipublikasikan di media sosial telah dan akan terus kami olah menjadi emas, untuk kemudian kami jual kepada perusahaan-perusahaan raksasa yang membutuhkan. Sudah bertahun-tahun kami melakukan ini, dan telah terbukti sangat efektif. Klien kami sangat puas dan akan membeli lagi data kepada kami.
Anda pikir itu tidak mungkin dan mengada-ngada?
Silakan saja berpikir begitu. Tapi yang jelas, ketahuilah: keinginan, kecenderungan, kebutuhan, dan apa yang Anda cari di internet selama ini sudah terekam datanya. Begitu juga dengan email, nomor WhatsApp, nomor hp, dan alamat IP wifi yang Anda gunakan.
Semuanya sudah terekam.
Maka jangan heran jika tiba-tiba Anda mendapatkan sms promo makanan setelah Anda melewati gerai makanan tersebut. Maka jangan heran jika kemudian Anda mendapatkan email penawaran paket wisata, menginap di hotel, ataupun asuransi. Maka jangan heran jika di beranda Facebook dan Twitter, Anda tiba-tiba-tiba melihat iklan produk yang sejenis dengan apa yang Anda cari.
Itu semua karena Anda sendiri telah dengan rela hati memberikan semuanya, kepada kami, kepada perusahaan aplikasi dan media sosial, dan kepada pasar. Dan Anda selama itu hanya akan menjadi budak pasar. Persepsi Anda akan digiring ke sana kemari. Yang penting bagi kami adalah: Anda terus membeli dan membeli barang yang kami jual. Dengan cara apa pun.
Nah, sekarang pertanyaannya: Anda punya duit atau tidak?
Tidak boleh tidak. Anda harus punya duitnya.
Maka tepatlah apa yang selalu disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Pak Joko Widodo: kerja-kerja-kerja! Jangan pernah merasa lelah untuk bekerja!
Biar Anda bisa membeli daftar keinginan Anda. Secara terus-menerus.
eh ini seriusan? data resolusi direkap??
ReplyDeletedata mining di internet soal resolusi...
kalau saya ga membuat resolusi di internet, ga ditulis di kertas juga, karena resolusi zaman lalu aja belum terwujud, haha ini mau nambah resolusi pula...
Iya Mas. Betul.
DeleteTapi menurut study memang kalau mempublikasikan target kita di media sosial itu bisa malah membuat kita gagal mewujudkannya. Haha
sya gak pernah membuat resolusi di sosmed
Deletesaya lebih milih untuk nempel di dinding kamar aja..
hanya saya dan tuhan yang tau
Keren Mas Adi. Mas bukan orang yang kami jadikan sasaran. Hee
DeleteBtw, dulu SMA di Oku Timur?
Analisisnya mantap. Memudahkan para analis pasar bekerja untuk meraup keuntungan.
ReplyDeleteSemoga bermanfaat Mas Adi
Delete