Tuesday, 30 April 2013

Pendidikan Wirausaha Usia Dini





Pendahuluan
Dewasa ini berbicara tentang wirausaha memanglah sangat menarik. Berbagai seminar, sarasehan, diskusi publik dan lokakarya digelar untuk menggelorakan semangat wirausaha di berbagai kalangan dan kelas sosial. Produk yang ditawarkan dalam rangka memberikan tanggapan positif terhadap semakin meningkatnya minat berwirausaha ini pun sangat beragam, dari skala terkecil (rumahan, part time,dsb) hingga skala besar (investasi, properti,dsb). Bahkan dalam perkembangannya, semangat kewirausahaan ini kian mudah mendapatkan tempat dan fasilitas untuk membuat, mengembangkan dan memajukan usahanya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memberikan space lebih luas pada para wirausahawan untuk meningkatkan omset usaha atau dikenal dengan online model bussines/e-commerce.

Technopreneur ; Pilar Perekonomian Indonesia di Era Global




Oleh : Darul Azis

Persaingan ekonomi global yang demikian ketat, menuntut Indonesia untuk terus berkompetisi dan berupaya keras mempertahankan stabilitas pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak dapat terlepas dari sektor riil yang banyak di aktori oleh pengusaha baik formal maupun non formal, makro maupun mikro, sehingga salah satu upaya yang dilakukan selama ini adalah mendorong tumbuhnya wirausahawan baru di setiap daerah. Secara kuantitatif persentase pengusaha Indonesia saat ini masih tertinggal jauh dengan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Padahal untuk mencapai nilai ideal, jumlah pengusaha suatu negara sekurang-kurangnya 2 % dari total jumlah penduduk, sedangkan dalam catatan perekonomian tahun 2012 jumlah pengusaha di Indonesia masih dibawah angka 1 % dari total penduduk Indonesia