Peluang dan Prospek Bisnis Informasi Elektronik (Media Online dan Blog) - Jurnal Darul Azis

Peluang dan Prospek Bisnis Informasi Elektronik (Media Online dan Blog)

Peluang dan Prospek Bisnis Informasi Elektronik (Media Online dan Blog)

Ilustrasi via www.playbuzz.com
Perkembangan bisnis informasi elektronik di Indonesia tampak semakin dinamis, seiring dengan meningkatnya tuntutan kebutuhan masyarakat atas informasi. Media cetak kini mau tak mau harus bertransformasi menjadi media digital dengan proporsi pemberitaan yang lebih cepat dan up to date. Sebab di sanalah sekarang kebanyakan masyarakat mengakses informasi. Kondisi tersebut tentu kemudian diikuti dengan kecenderungan baru dari para pengiklan. Mereka tak segan-segan menjadikan media dalam jaringan (daring) sebagai media promosi produk-produknya.

Di lain sisi, perkembangan internet juga telah merangsang dunia tulis-menulis. Melalui internet, telah banyak muncul penulis-penulis berbakat lagi produktif. Awal kemuculan mereka dimulai dengan memanfaatkan blog gratis seperti blogspot, wordpress, kompasiana, indonesiana, blogdetik, webly, atau joomla untuk menampilkan karya-karya jurnalistik. Pendeknya, meskipun tidak berprofesi sebagai jurnalis media massa, mereka juga turut andil dalam menyebarkan informasi dan pengetahuan kepada khalayak. 

Bahkan kini sudah banyak blogger yang benar-benar memfokuskan diri di dunia blogging, mengingat penghasilan yang mereka peroleh memang sangat menjanjikan. Sumber pendapatan yang didapat pun bisa bermacam-macam, ada yang berasal dari iklan google adsense, iklan banner kerjasama dengan perusahaan-perusahaan, penulisan iklan advertorial, jasa review, dan lain sebagainya. 

Selain media massa dan blogger, pengguna media sosial kini juga turut ambil bagian dalam bisnis ini. Saat ini media sosial tak hanya digunakan sebagai tempat curhat atau pajang foto semata, melainkan telah berkembang menjadi sebuah media penyebaran informasi. Serupa dengan blog, mereka menjadikan media sosial sebagai media informasi tempat wisata, pagelaran seni, lowongan kerja, kuliner, hingga humor. Dengan kuantitas like, komentar, dan share yang begitu tinggi, para pengiklan pun berdatangan untuk mempromosikan produk-produknya. 

Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa prospek bisnis informasi elektronik dalam beberapa tahun masih sangat menjanjikan. Mengingat sampai saat ini, berdasarkan data We Are Social, jumah pengguna internet di Indonesia tergolong cukup besar yakni mencapai angka 88,1 juta pengguna, 79 juta di antaranya adalah pengguna media sosial aktif.  Diperkirakan angka ini akan terus meningkat seiring dengan kualitas jaringan internet Indonesia yang semakin stabil, pertumbuhan aplikasi mobile, dan pertumbuhan penggunaan smarthphone  di Indonesia.

Bagaimana, Anda tertarik menjadi bagian dari bisnis ini?
Please write your comments