Inovatif, Jalur Sepeda di Belanda Ini Mampu Hasilkan Energi Listrik - Jurnal Darul Azis

Inovatif, Jalur Sepeda di Belanda Ini Mampu Hasilkan Energi Listrik

Inovatif, Jalur Sepeda di Belanda Ini Mampu Hasilkan Energi Listrik

Solar Road di Krommenie Belanda/ via http://www.sciencealert.com/

Jika dilihat sekilas kelihatannya jalan jalur sepeda di Krommenie Belanda tampak seperti jalan biasa. Namun jika diamati secara lebih detil, ada yang sedikit berbeda dari jalan-jalan di daerah ini. Di sini terdapat sebuah jalur sepeda yang di bawahnya dilengkapi dengan sel surya dan menjadi penemuan pertama di dunia. Adalah Sten de Witt inovator yang bekerja untuk proyek Solaroad di Belanda tersebut, bersama timnya ia ingin mewujudkan gagasan jalanan bisa memproduksi energi listrik dari matahari. 
“Ada lebih banyak jalan permukaan jalan di Belanda dibanding atap rumah. Kalau kami berhasil mengintegrasikan teknologi surya di jalanan ada potensi tambahan besar bagi pembangkit listrik tenaga surya tanpa harus memiliki lahan tambahan dan merusak lingkungan,  cukup dengan menggunakan jalan yang sudah ada." jelasnya saat diwawancarai DW Innovator.

Jalur ini panjangnya 70 meter dan para ilmuan butuh waktu lebih dari 2 tahun untuk mengembangkannya. Permukaan jalan terbuat dari tiga lapisan, yakni lapisan beton, sel surya dan lapisan kaca antigores pada bagian paling atasnya. Sinar matahari diserap oleh sel surya dan diubah menjadi listrik. 


Di pinggir jalur sepeda ada kotak pintar untuk melihat berapa banyak energi yang dihasilkan sel surya. Sejak dibuat pada tahun 2014, permukaan jalan telah memproduksi sekitar 10 ribu Kwh, cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik 3 rumah tangga di belanda selama setahun.


“Kelak kami ingin konektivitas yang lebih baik antara lokasi produksi listrik dan tempat listrik digunakan. Karena jalanan selalu melewati atau menghubungkan lingkungan yang menggunakan banyak energi dan kami ingin melakukan desentralisasi. Mungkin di masa depan setiap mobil atau sepeda yang melewati jalan juga bisa di-charge dari jalan." tambah Sten.

Ide Solar Road di masa depan/ via http://en.solaroad.nl
Namun untuk menggunakan sel surya di jalan biasa, permukaannya harus mampu menopang beban yang lebih berat ketimbang sepeda dan skuter.


Di Laboratorium TNO Delft-Stieltjesweg Belanda, berbagai masalah dicari solusinya. Di sinilah Sten dan timnya mengerjakan proyek Solar Road ini. 

“Salah satu tantangan utama adalah membuat lapisan yang bisa dilewati kendaraan dengan aman. Jadi kami memberi friksi pada ban tetapi masih bisa meneruskan cahaya matahari. Kami harus menciptakan sesuatu yang transparan, kokoh, dan memiliki friksi. Ini masalah utama yang kami hadapi dalam pengembangan jalan sel surya." kata Stan Klerks, salah seorang insinyur TNO kepada DW Innovator.
Selain menguji resistensi jalan, para ilmuan juga memastikan tidak ada cahaya yang terbuang karena permukaan datar yang tidak seefisien panel surya yang lengkung. Mereka memastikan sel surya dapat menampung beban truk dan mobil.


"Sel surya sangat rapuh dan bisa patah dengan mudah. Jadi kami harus mengetahui apa yang akan terjadi jika kendaraan melindasnya tidak hanya 10 atau seratus kali tapi mungkin 10 juta kali." Jelas Klerks.

Tujuannya adalah menghasilkan versi sistem yang lebih baik untuk jalan biasa di Belanda dan sekitarnya dalam dua tahun ke depan. Para innovator berharap ini akan menjadi solusi lokal dalam pemanfaatkan energi matahari. (DW)

Please write your comments