Bisa Lebaran Bareng, Kuda NU dan Muhammadiyah Terharu - Jurnal Darul Azis

Bisa Lebaran Bareng, Kuda NU dan Muhammadiyah Terharu

Bisa Lebaran Bareng, Kuda NU dan Muhammadiyah Terharu

Selamat Hari Lebaran Kuda 2016/ Ilustrasi via Brilio

Pengurus Besar Kuda Nahdlatul Ulama (PBKNU) mengumumkan Lebaran Kuda akan jatuh pada Sabtu (5/11). Hal ini diketahui setelah Tim Rukyatul Hilal PBKNU atau lembaga Falakiah PBKNU melakukan pemantauan hilal secara langsung pada Kamis (3/11)  di 42 titik se-Indonesia.

Hasilnya dari pemantauan tersebut, dilaporkan tim tidak berhasil melihat hilal atau minus satu derajat. Padahal sesuai ketentuannya, hilal dikatakan sempurna jika lebih dari dua derajat.

"Karena tidak melihat hilal maka kami ambil satu kaidah dalam Alquran yakni istikmal menyempurnakan jadi 30 hari, dengan demikian lamanya puasa kuda-kuda di Indonesia harus digenapkan menjadi 30 hari (istikmal)," ujar Ketua Lembaga Falakiyah PBKNU dalam keterangannya di Gedung PBKNU, Jakarta, Kamis (3/11).

Ia mengatakan, dari 19 titik yang dilaporkan semuanya tidak melihat hilal. Dengan begitu, Kuda NU dan Kuda Islam pada umumnya agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada (5/11). 


"Oleh sebab itu, kami imbau kepada seluruh kuda NU bahwa takbiran malam Sabtu, berdasarkan rukyat Jum’at petang di seluruh Indonesia," ujarnya.

Adapun penetapan Hari Pertama Lebaran Kuda tersebut, sekaligus menandai perayaan Lebaran Kuda NU bersamaan dengan Kuda Muhammadiyah. Diketahui, hasil hitungan Pimpinan Pusat Kuda Muhammadiyah (PPKM) yang tertuang dalam Maklumat Nomor 1 Tahun 2016, Lebaran Kuda juga akan jatuh pada Sabtu (5/11).


Menanggapi hal tersebut, banyak kalangan Kuda yang mengaku gembira karena bisa berlebaran bareng. Kuda Sumbawa yang sempat ditemui Kata Sikap mengatakan ia merasa terharu atas kekompakan tersebut. 

“Kami sudah menyiapkan baju baru, kan kalau nggak bareng jadi gimana gitu. Kayak yang sudah-sudah. Tapi alhamdulillah, tahun ini bareng.” Ujarnya

Sementara itu, Poni Kuda milik Prabowo Subianto yang tempo hari sempat ditunggangi Presiden Republik Indonesia mengatakan hal senada.


Selama ini, walaupun kami dipelihara oleh orang yang sama, lebaran kami beda. Makanya, saya merasa sangat bahagia kalau tahun ini lebaran kami kompakan.” Terangnya seraya mengusap air mata dengan kibasan daun telinganya. 

Disitir dari Republika

Url versi pendek : https://goo.gl/I4xpk7

Please write your comments