Klitih, Massa Grup ICJ, dan Lambannya Respon Aparat Jogja - Jurnal Darul Azis

Klitih, Massa Grup ICJ, dan Lambannya Respon Aparat Jogja

Klitih, Massa Grup ICJ, dan Lambannya Respon Aparat Jogja


ICJ adalah grup Fesbuk terbesar, teramai, teraktual, dan paling berpengaruh di Jogja. Di sana ada kekuatan besar yang pada kondisi dan waktu tertentu dapat menggerakkan massa dalam jumlah besar, cukup hanya dengan sebuah postingan.
Belakangan ini mereka, para anggota grup Fesbuk ICJ, sangat diresahkan oleh maraknya aksi klitih di Jogja. Ada banyak sekali laporan aksi klitih di sana. Kasus teranyar adalah tewasnya salah seorang siswa SMA Muhammadiyah 1 Jogja. Hal itu terang saja kemudian membuat mereka semakin geram dan gelisah. Sementara respon aparat dan pemerintah, terutama dalam hal pencegahan, dinilai sangat lamban.
Sekarang di grup tersebut sedang muncul wacana gerakan massa, karena keresahan mereka yang semakin memuncak. Gerakannya mungkin hanya berupa patroli warga pada malam hari, tapi tidak menutup kemungkinan juga berupa penghakiman, jika aparat tetap tidak tanggap dengan persoalan tersebut sementara korban terus bertambah.
Sehingga yang terlihat kemudian adalah pencegahan kekerasan dengan kekerasan, oleh massa.
Ini jelas bahaya dan akan semakin memperburuk citra Jogja sebagai daerah yang (katanya) punya raja, berbudaya, santun, dan berhati nyaman. Oleh karena itu, aparat hendaknya segera merespon masalah tersebut. Agar tidak ada energi massa yang 'terbuang sia-sia' dan justru lebih merepotkan aparat nantinya.
Please write your comments