Misteri 'Grup Sebelah' Akhirnya Terungkap - Jurnal Darul Azis

Misteri 'Grup Sebelah' Akhirnya Terungkap

Misteri 'Grup Sebelah' Akhirnya Terungkap


Priamuda ~ Ada beberapa kata dan kalimat yang pasti sering Anda baca jika Anda adalah anggota suatu grup Wasap. Di antaranya adalah 'bantu share', 'sekadar share', 'copas dari grup sebelah', 'info dari grup sebelah' dan 'mohon bantuannya untuk menyebarkan di semua grup WA yang kamu ikuti'.

Kalimat-kalimat tersebut biasanya menyertai kiriman pesan berantai berupa imbauan keamanan, lalu lintas, untaian kata motivasi, ajaran agama, hingga lowongan pekerjaan. Dan yang menyebarkannya pun, biasanya ya itu-itu saja orangnya. Entah info itu valid atau tidak, sering kali si penyebar info malah tidak tahu, dengan dalih 'sekadar share'.

Di antara beberapa template kalimat yang saya sebutkan di atas, saya paling 'suka' dengan kalimat 'dari grup sebelah'. Entah mengapa kalimat itu sering membuat saya geli dan penasaran. Sebenarnya apakah nama asli grup sebelah itu?

Dan alhamdulillah, kini saya sudah menemukan jawabannya. Berikut informasi lengkapnya.

Terdorong oleh rasa penasaran dengan identitas asli 'grup sebelah', dua mahasiswa semester akhir Universitas Matahari Terbenam di Jogja, Wowo dan Wiwi, akhirnya melakukan penelitian untuk mengungkap identitas asli 'grup sebelah'.

Penelitian tersebut melibatkan 26 aktor pengirim pesan pada grup Wasap yang berbeda. 

Penelitian dilakukan dengan merunut sebuah info yang disebarkan oleh salah satu anggota grup alumni sekolah yang diikuti oleh keduanya. Info tersebut dikirimkan oleh si A, dan dari sanalah kemudian penelusuran dimulai.

Kepada Wowo dan Wiwi, A mengaku, ia memang mendapatkan infomasi tersebut dari grup sebelah, yang dikirimkan oleh B. 

Bermodalkan pemberian oleh A, Wowo dan Wiwi mencoba menghubungi B untuk menanyakan asal muasal informasi yang disebarkan oleh B. 

B mengaku, informasi yang ia sebarkan itu juga berasal dari grup sebelah, dikirimkan oleh C. 

Seperti yang telah dilakukan sebelumnya kepada A, Wowo dan Wiwi meminta kontak C kepada B guna menelusuri asal informasi tersebut.

Ketika C dikonfirmasi, ia mengutarakan jawaban serupa yang dilontarkan oleh sumber pertama dan kedua. Menurut pengakuannya, ia juga mendapatkan informasi dari grup sebelah.

"Saya bahkan tidak melakukan perubahan apa pun. Saya langsung menyalin dan menempel pada beberapa grup yang saya ikuti." paparnya kepada Wowo dan Wiwi.

C juga menambahkan, informasi tersebut dikirimkan oleh D. 

Bermodal nomor HP pemberian C, D kemudian dihubungi. Dari D didapatkan sebuah keterangan bahwa ia mendapatkan informasi tersebut dari juga grup sebelahnya, dikirimkan oleh E.

"Saya waktu itu sedang berak sambil mainan HP, eh si E ngirim info itu di grup. Ya udah saya sebarin aja langsung ke grup Wasap yang lain, kikikiki." ujarnya.

Wowo dan Wiwi terus menelusuri informasi. Hingga keduanya mendapatkan kontak E. 

E mengatakan, ia mendapatkan informasi tersebut dari grup sebelahnya lagi, pengirimnya adalah F. 

"Baru bangun tidur terus lihat grup Wasap, eh ada informasi itu dari F. Sambil ngumpulin nyawa, saya share deh  itu info buat kiriman di gup yang lain..hehe.'' terang F sambil tersipu.

Demikian seterusnya...F mendapatkan info dari G, G dari H, H dari I, I dari J. Hingga Wowo dan Wiwi sampai pada sosok Y.  

Kepada keduanya, Y mengaku mendapatkan informasi tersebut masih dari grup sebelah juga, yakni sebuah grup alumni sekolah. Pengirimnya adalah Z. 

Meski sudah sangat lelah karena telah mengejar banyak orang, Wowo dan Wiwi seakan pantang berputus asa. Dihubungilah si Z hingga mereka mendapatkan informasi yang sangat mengejutkan.

"Informasi itu tidak saya dapatkan dari mana-mana karena saya sendirilah yang membuat dan pertama kali menyebarkannya. Hanya saja memang, saya sengaja menyisipkan kalimat 'dari grup sebelah'.

Ketika ditanya untuk apa ia menyisipkan kalimat tersebut,  Z menjawab sekadar untuk iseng-isengan semata. Namun kemudian akhirnya ia mengaku bahwa itu dilakukan agar si penerima pesan dapat lebih yakin dengan info yang dikirimkannya.

"Kalau ditambahin gitu 'kan jadi lebih meyakinkan..haha." terangnya seraya tertawa terbahak-bahak.

Sumber tulisan ini: Grup Sebelah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Please write your comments