Begini Cara Agar Orang Lain Mau Membuka Rahasianya! - Jurnal Darul Azis

Begini Cara Agar Orang Lain Mau Membuka Rahasianya!

Begini Cara Agar Orang Lain Mau Membuka Rahasianya!


rahasia
Ilustrasi via softspaceonline.com
Apa pentingnya mengetahui rahasia orang lain? Bukankah setiap orang punya rahasianya masing-masing, yang pasti akan dijaga dan disimpan rapat-rapat sebagai suatu privasi? 

Pertanyaan-pertanyaan itu barangkali yang saat ini muncul dalam pikiran Anda.

Baik, memang benar. Mengetahui rahasia orang lain memang terkesan kurang begitu penting. Tapi ingat, untuk urusan bisnis, hubungan dengan pasangan, pertemanan, ataupun urusan lainnya, ini akan menjadi hal yang sangat penting.

Mengapa demikian? 

Karena  ini akan menyangkut soal kepercayaan. Sebuah rahasia tidak mungkin untuk tidak dibuka. Dan itu hanya akan tejadi apabila si empunya rahasia sudah sangat percaya pada Anda.

Namun perlu diingat, tujuan mengetahui rahasia di sini bukanlah untuk macam-macam. Melainkan hanya untuk agar hubungan Anda dengan orang tersebut semakin intim sehingga segala urusan yang berhubungan dengannya akan menjadi lebih mudah dan lancar.
Lantas, bagaimanakah taktiknya? Begini:
 
1.    Percayalah terlebih dahulu padanya.

Sebagai langkah awal, Anda harus bertindak seolah-olah Anda telah benar-benar memercayai dia. Ceritakanlah sebuah kisah pribadi atau “rahasia” Anda, sehingga kemudian dia akan merasa mempunyai ikatan psikologis terhadap Anda. Tunjukkan bahwa Anda sudah memercayainya, maka secara tidak sadar dia akan merasa harus memercayai Anda juga. 

2.    Mengenal lebih dekat
Caranya ialah dengan meminta pendapatnya tentang sesuatu yang fundamental atau galilah hal yang menjadi keyakinannya. Galilah apa prinsip hidupnya, apa cita-citanya, dan mengapa dia menjadi seperti sekarang. Dengarkan dengan penuh perhatian karena ini akan menjadi pintu masuk bagi Anda untuk mengetahui, misalnya, masa lalunya.

3.    Tunjukkan bahwa Anda tidak akan menghakiminya
Ketika dia sudah mulai menceritakan masa lalunya, maka berarti Anda sudah mulai masuk pada wilayah rahasianya. Dengarkan dengan penuh perhatian dan yakinkan dia bahwa Anda orang yang sangat bisa menjaga rahasia dan layak dipercaya. Di sini, Anda harus memainkan peran untuk sama sekali tidak menghakiminya, apabila rahasianya itu berhubungan dengan kesalahan-kesalahan di masa lalu. Sebaliknya, berilah dia dukungan. 

Dengan demikian, dia akan terus membuka semua rahasianya kepada Anda. Tanpa sisa. Selamat mencoba!

2 comments

  1. Bener pak. Jika ingin membuat orang mau membuka rahasianya harus dimulai dari kita. Karena segala sesuatu butub usaha dan proses ya. Ga tiba-tiba orang mau langsung buka rahasianya pada kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Bun. Karena membuka "rahasia" biasanya hanyalah untuk orang2 yg benar2 kita percaya.

      Delete