Jadi yang Paling Terkenal di Jogja, Inilah Keistimewaan Pantai Indrayanti Versi Pengunjung - Jurnal Darul Azis

Jadi yang Paling Terkenal di Jogja, Inilah Keistimewaan Pantai Indrayanti Versi Pengunjung

Jadi yang Paling Terkenal di Jogja, Inilah Keistimewaan Pantai Indrayanti Versi Pengunjung

Dalam beberapa tahun terakhir, minat wisatawan untuk berkunjung ke Gunungkidul terus meningkat. Tingginya minat tersebut tak lain karena pantai-pantai yang ada di kabupaten ini begitu memesona. Jarak yang cukup jauh dari bandara, stasiun, terminal, maupun dari pusat kota Jogja, seakan tak pernah menyurutkan minat wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan dan keeksotisan destinasi wisata di Gunungkidul. 

Pantai Indrayanti
[Pantai Indrayanti, kredit foto tertera. Sumber: Panoramio]


Berdasarkan data statistik kepariwisataan DIY, pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata di kabupaten ini terus meningkat sejak 2012 lalu. Pada tahun 2012, PAD kabupaten Gunungkidul dari sektor pariwisata baru sebesar 8,5 miliar/tahun,namun pada 2016 meningkat drastis menjadi sebesar 28,4 miliar/tahun. 

Masih merujuk pada sumber yang sama, jumlah kunjungan wisatakan ke Gunungkidul juga meningkat sejak 2012 lalu. Pada 2012, jumlah kunjungan wisatawan ada sekitar 1,3 juta orang/tahun, pada 2016 meningkat menjadi 3,5 juta kunjungan wisatawan/tahun.

Dari keseluruhan jumlah tersebut, ternyata pantai menjadi penyumbang terbesar terhadap kunjungan wisatawan. Menakjubkan bukan? Ini tak lain karena, sekali lagi, keindahan pantai di Gunungkidul itu sendiri. 

Di samping itu, akses jalan yang sudah semakin membaik juga menjadi daya dongkrak terhadap meningkatnya jumlah kunjungan wisatan. 

Tak hanya itu, keterbukaan masyarakat kelompok pengelola wisata, komitmen pemerintah setempat, serta kelengkapan fasilitas pada masing-masing pantai, juga menjadi faktor yang patut diperhitungkan untuk ikut memengaruhi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten yang dulu dikenal termiskin di Jogja ini. 

Lantas, di antara sekian banyak pantai di Gunungkidul, pantai mana sebenarnya yang paling menjadi primadona wisatawan?

Berdasarkan data mesin pencarian Google, informasi tentang pantai Indrayanti menduduki posisi pertama di antara pantai-pantai lainnya. Dalam sebulan, informasi tentang pantai ini mendapatkan 10-100 ribu penelusuran. Sepanjang 2017, informasi tentang Pantai Indrayanti dicari hingga 300 ribu kali oleh pengguna internet. Lantas, apa sebenarnya yang membuat pantai ini begitu menarik? Mari kita telusuri!

Sekilas Tentang Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja
[Foto: Yogya-Backpacker]


Pantai Indrayanti dulu dikenal juga dengan nama lain Pantai Pulang Sawal. Sejarah terkait perubahan nama pantai ini, akan kamu dapatkan di akhir cerita, yang ternyata memiliki kisah yang sangat romantis bak Rama-Sinta. 

Pantai ini memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa indah. Beberapa keistimewaan yang menjadi daya tarik pantai ini ialah airnya yang jernih, bentang pantai yang luas, dan pemandangan perbukitan karang di sekililing pantai.

Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati  keindahan panorama pantai Indrayanti sambil bersantai di gazebo-gazebo yang telah tersedia. 

Untuk lebih menambah kenyamanan pengunjung, di pantai ini sudah tersedia beragam fasilitas, seperti toilet umum, penginapan, area parkir yang luas, resto dan cafe yang menyajikan aneka ragam makanan laut.

Pantai Indrayanti berlokasi di dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Dari kota Wonosari, pantai ini berjarak sekira 28 km. 

Dengan kondisi jalan yang sudah cuku baik, bus wisata pun bisa memasuki kawasan pantai ini, walau harus bergantian ketika berpapasan dengan bus lain. 

Apa Kata Mereka Tentang Pantai Indrayanti?

Nah, karena generasi zaman sekarang itu lebih percaya dengan ulasan-ulasan singkat dan nyata dari orang lain, berikut ini kami sajikan beberapa testimoni wisatawan yang telah mengunjungi Pantai Indrayanti. Testimoni ini diambil dari Google Review.

1. Tenang dan Sejuk. Cocok Banget Buat Menyegarkan Pikiran!
Tenang sejuk dan angin bersepoi sepoi melepeskan kepenatan dari kota dan bercoba untuk berekreasi ke pantai, lebih asyik lagi kalau mengajak keluarga dan orang" tercinta😍. Di sini juga ada kamar mandinya tarifnya juga murah untuk mandi dikenakan biaya 3.000, lain-lain dikenakan biaya 2.000. Di warung juga ada tempat penitipan charger hp biayanya 5.000 awalnya ragu dan takut hilang setelah saya liat langsung ternyata HP ditaruh di sebuah kotak dan ditaruh lagi di atas dan di bawah atap di antara kayu-kayu 😅 paham gag sih? Semoga paham. Itu saja review dari saya, jika ada salah mohon maaf dan terima kasih 😍. ~ Destin Tya ~
2. Sejuk dan Pemandangannya Sangat Bagus. Cocok Banget Buat Kamu yang Udah Bosan Dengan Pemandangan di Kota
Pantai yang sangat indah di daerah Wonosari Gunungkidul D.I.Yogyakarta dengan nuansa yang sangat sejuk dan pemandangan yang bagus. Bukan hanya pantai tapi pemandangan di atas bukit/tebing yang indah menambah lengkap keindahannya. Tapi sayang akses jalannya buat bus terlalu sempit, apalagi kalau musim liburan. Cukup bayar tiket 10.000/orang kalian bisa masuk di seluruh pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Have a nice trip guys!! Nuri Widi ~
3. Fasilitas Lengkap, Karang Besar Menjadikannya Semakin Indah. Kamu Bisa Memandang Hamparan Pantai yang Luas dan Indah.
Pantai Indrayanti dibatasi dengan 2 karang besar di kanan dan kiri pantai. Dan 2 karang tersebut bisa kita daki (naik ke atas) dengan membayar suka rela (karang yang kecil) Rp 2.000,- /orang (karang yang besar). Dari atas karang tersebut kita bisa melihat pantai dan laut lebih luas. Di sini juga ada persewaan payung+tikar di pinggir pantai seharga Rp 20.000,-. Dan ada juga tempat duduk yang teduh milik restoran atau semacam rumah makan. Tentunya kita harus memesan minimal minuman untuk duduk di situ (masa cuma numpang duduk doank bro?).  Kemudian ada (banyak) spot untuk berfoto ria dengan latar belakang bunga-bunga berbentuk love yang cukup besar dengan tulisan "Pantai Indrayanti". Untuk menggunakan fasilitas ini, kita diWAJIBkan membayar biaya sebesar Rp 2.000,- per orang. Wajib Bayar. Di sini juga ada mushola dan toilet. Tarif toiletnya Rp 3.000,- untuk mandi. Dan untuk kepentingan lainnya Rp 2.000,-. Parkir Mobil Rp 10.000,- dibayar saat akan pulang. Saya kesini Desember 2017. ~ Mohammad Hoif ~
4. Ada Spot Foto Menarik dan Bisa Menikmati Kuliner Tradisional. Dijamin deh, Habis Dari Sana Feed Instagrammu Jadi Tambah Kece.
Pantainya sangat indah. Pada bulan desember ini, gelombangnya sangat besar, tidak disarankan bagi pengunjung untuk berenang. Banyak yang jualan di sini, pisang rebus, kacang, rumput laut yang sudah dikemas. Juga disediakan spot untuk berfoto yang bertuliskan pantai Indrayanti (dengan hanya membayar 2 ribu bagi satu orang) Sangat ramai ketika liburan tiba. ~ Qatrunnada Ramadhania ~
5. Pada Hari Kerja Cenderung Sepi. Cocok Banget Buat Kamu yang Selonya Justru di Hari Kerja.
Such a good place. In a midday, but pretty enough for the views. Awesome sky!Saran: sangat bagus kalau ke Pantai Indrayanti pada hari kerja, karena sepi pengunjung. Lebih bagus lagi kalau hari sedang cerah.~Yesana VDR ~
6. Romantis. Kamu Nggak Pengin Beromantis-romantis Ria Dengan Pasanganmu di Sini?
Dahulu nama aslinya adalah PANTAI PULANG SAWAL karena dikelola oleh pihak swasta maka berganti nama menjadi INDRAYANTI, yang diambil dari 2 nama pengelolanya  yaitu INDRA - YANTI. Bagai cinta Romeo-Juliet (itu kata pedagang Gatot di sekitar pantai). Oh, Soo Sweet! Pantai ini memang SANGAT AMAZING dan MEMILIKI PESONA yang LUAR BIASA! ~ Febri Djavianto ~ 
7. Membuat Orang Kehabisan Kata-kata. Nah, kan!
Tidak dapat diungkapkan dg kata-kata ~ Ahmad Faiz ~ 
Jadi, kapan nih kamu berkunjung ke Pantai Indrayanti? :)

14 comments

  1. pemandangan dari atas itu ciamik banget
    saya belum pernah ke sini meski sedang stay di jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan disempatkan ke sini Mas. Lumayan, piknik sekaligus nyari bahan postingan blog. 😂

      Delete
  2. wah kemarin ke jogja gak sempet ke sini, sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang sekali ya Mbak. Tapi ngga papa, itu malah bisa dijadiin alesan buat ke Jogja lagi. Haha

      Delete
  3. Sudah pernah kesana, memang sangat menakjibkan viewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, dijamin nggak nyesel deh dateng ke pantai Indrayanti

      Delete
  4. kelihatannya masih bersih banget tuh pantainya ya gan

    ReplyDelete
  5. jadi kepengin main ke pantai indrayanti, namnya unik yah kaya nama orang pantainya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sangat bersih Mas, soalnya memang terkelola cukup baik.

      Dan namanya memang diambil dari nama orang. 😁

      Delete
  6. Sedih... ke Jogja tapi gak sempet ke Pantai Indrayanti itu seperti makan sop tapi tinggal airnya doank haha. Semoga nanti dikasih kesempatan buat ke Jogja lagi dan tentu saja, wajib mampir ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget tuh Teh.

      Aamiin...semoga disempatkan.

      Delete
  7. Saya sudah tanya-tanya biro perjalanan ke yogya per orang 750 sudah hotel, semoga terwujud bisa sama rombongan keluarga dan jadi penasaran juga dengan pantai indrayanti

    ReplyDelete
  8. Beberapa waktu lalu saya main ke pantai siung, kalo pantai indrayanti tahun lalu pernah, dan pantai di gunung kidul memang indah dan menarik...

    ReplyDelete
  9. WADUH mas... kalau ditanya kapan mau ke pantai INDRAYANTI, kayanya gak bakal kesampaian kalau nggak ada yang mau bayarain buat kesana. haha

    Kalau dilihat dari pesatnya perkembangan pariwisata di jogja, lama kelamaan Jogja makin mendunia.

    kapan ya kampung saya bisa kaya jogja. huffff

    ReplyDelete