Cara Agar Cepat Tidur, Inilah Pengalaman Saya - Jurnal Darul Azis

Cara Agar Cepat Tidur, Inilah Pengalaman Saya

Cara Agar Cepat Tidur, Inilah Pengalaman Saya

Insomnia atau kesulitan tidur pada malam hari saat ini telah menjadi gangguan yang lazim dialami oleh banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kecemasan, kurangnya olahraga, depresi, hingga tidak teraturnya pola tidur. 

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Journal of Clinical Sleep Medicine [1] mengatakan bahwa polusi cahaya juga telah turut meningkatkan risiko insomnia secara signifikan. Polusi cahaya tersebut dapat berasal dari laptop, komputer, televisi, atau HP.


Saya juga pernah mengalami gangguan kesulitan tidur di malam hari dan itu terjadi hingga beberapa bulan lamanya. 
Terkena gangguan sulit tidur di malam hari tentu sangat mengganggu, karena akan membuat pola hidup juga berubah. Siang menjadi malam, malam jadi siang. Pagi dan siang menjadi sangat ngantuk dan kurang bersemangat, dan pada malam hari justru semakin bergairah. 

Namun itu semua tinggal cerita karena sekarang sudah tidak lagi. Berikut pengalaman saya mengatasi kesulitan tidur di malam hari. 

Tidur Memiliki Pola

Kita tentu sudah sangat sering mendengar kata "pola tidur" dalam kehidupan sehari-sehari. Ini artinya, seperti halnya makan, tidur juga memiliki polanya sendiri.

Lantas, siapakah yang menentukan pola itu?

Kita sendiri. Kita sendirilah yang menentukan pola tidur kita. 

Jadi jika Anda saat ini mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, itu tak lain karena selama ini Anda secara tidak sadar telah membentuk pola semacam itu pada tubuh Anda. Apabila pola tersebut tidak diubah, maka selamanya orang tersebut akan terjebak dalam pola tersebut.

Mengubah Kebiasaan

Tidak ada cara paling aman untuk mengatasi kesulitan tidur di malam hari selain dengan mengubah pola hidup kita. 

Untuk mengubah pola tersebut, saya melakukannya dengan cara berikut: sya tidak tidur hingga pagi, lalu saya beraktivitas seperti biasa dan tidak tidur sama sekali hingga pukul 10 malam. Keesokan harinya, secara otomatis tubuh sudah merespon dan mata langsung mengantuk pada jam tersebut. 

Melelahkan Badan

Orang yang sering insomnia, biasanya kurang beraktivitas fisik di siang harinya. Orang yang siang harinya terkuras tenaga dan pikirannya (lelah) pada umumnya akan lebih cepat tidur dibndingkan mereka yang tidak mengalami kelelahan.

Untuk itu, jika memang tidak punya aktivitas rutin (bekerja), cobalah berolahraga sore. Tujuannya adalah agar badan menjadi lelah sehingga lebih mudah bagi Anda untuk tertidur.


Cara lain ini lebih bersifat sebagai pelengkap namun memiliki andil yang cukup signifikan. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Segera selesaikan pekerjaan dan urusan Anda

Ini untuk menghindari kecemasan yang mungkin muncul karena belum terselesaikannya sebuah urusan.

2. Segera berberes-beres dan bersih-bersih (muka dan gigi)

Langkah ini akan memberikan semacam sugesti bahwa Anda telah bersiap untuk tidur.

3. Segera hentikan bermain HP

Tahan diri. Setidakbisa tidur apa pun Anda, jangan berusaha mengusir kegabutan dengan bermain HP karena Anda akan larut dengannya.

4. Berbaringlah dan bersiaplah untuk tidur

Bisa sambil mendengarkan musik, radio, atau membaca buku

5. Matikan lampu

Kegelapan juga akan memberikan sugesti tersendiri bagi alam bawah sadar kita untuk seger tidur. Selain itu, kegelapan juga dapat membuat tubuh jadi lebih rileks.

Demikian pengalaman saya untuk.cara agar cepat tidur. Semoga bermanfaat!

Rujukan:
1.https://www.medicalnewstoday.com/articles/323870.php
Please write your comments