10 Kebiasaan yang Akan Mengubah Hidup Anda - Jurnal Darul Azis

10 Kebiasaan yang Akan Mengubah Hidup Anda

10 Kebiasaan yang Akan Mengubah Hidup Anda

Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari pada akhirnya akan turut menentukan bagaimana kualitas hidup kita. Ini karena kebiasaan akan turut membentuk karakter. Oleh sebab itu, mari kita pahami, kebiasaan-kebiasaan apa saja yang sebenarnya dapat memberikan perubahan dan makna besar dalam hidup kita.


  • Memercayai Karma. Lakukanlah suatu kebaikan dengan ikhlas, sungguh-sungguh, tekun, dan jangan lupa, dengan hati. Jangan pernah berharap akan ada imbalan yang Anda dapatkan di kemudian hari. Percayalah bahwa segala keburukan memang akan selalu ada balasannya, namun jangan selalu berharap bahwa segala kebaikan selalu ada balasannya.

  • Menjadi Sukarelawan. Sisihkan sedikit waktu Anda untuk kegiatan-kegiatan sosial. Kegiatan-kegiatan semacam itu akan membuat diri Anda menjadi lebih berarti. 

  • Ungkapkan Emosi Anda (sepanjang tidak melukai orang lain). Anda   tidak perlu menahan perasaan seorang diri. Ketika memang harus berbahagia, berbahagialah. Ketika harus bersedih, ya bersedihlah. Ketika harus bersemangat, bersemangatlah. Begitu seterusnya. Mengungkapkan emosi dapat membuat Anda menjadi lebih humanis, terbuka, dan santun serta menjadi lebih manusiawi. Ingat, Anda bukanlah malaikat.

  • Hitung Nikmat & Keberkahan yang Anda Peroleh Setiap Hari. Menghitungnya akan menjadikan kita orang yang bersyukur kepada Tuhan. Sedangkan rasa syukur akan menambah ketenangan dalam batin kita. Karena itulah kita harus menyadari nikmat yang kita peroleh setiap harinya.

  • Hargai Setiap Momen Bersama Orang-orang Tercinta dan Bayangkan itu Akan Menjadi Momen Terakhir Anda Bersama Mereka. Mengapa demikian? Karena dengan cara seperti itulah Anda akan benar-benar memanfaatkan momen tersebut bersama mereka.  You must have a quality time with them.

  • Sedikit Mengadili, Banyak Menerima. Tak ada manusia yang sempurna. Setiap orang punya cerita, masa lalu, dan juga kekurangan. Terimalah semua itu sebagai bagian dari sebuah hubungan Anda dengan mereka. Anda tidak mau diadili juga bukan? Anda ingin selalu diterima juga bukan, dengan segenap kelebihan dan kekurangan? Demikian jugalah kita harus bersikap.

  • Meditasi. Umum diketahui meditasi sangatlah bermanfaat untuk kesehatan emosi, mental, dan fisik kita. Pastikan Anda selalu memiliki waktu untuk bermeditasi, setiap hari. Atau Anda dapat menggantinya dengan berdoa kepada Tuhan, secara lebih intim dan dekat.


  • Merinci dan Merencanakan. Aktivitas Anda, yang beragam itu, perlu anda rinci dan rencanakan agar semua dapat terselesaikan dengan baik. Kurangnya perincian dan perencanaan hanya akan membuat Anda tidak bisa fokus dan bekerja secara maksimal. Jadi, rinci dan rencanakanlah, maka satu per satu pekerjaan Anda akan terselesaikan. Dengan baik.


  • Salurkan Emosi Anda. Tak cukup hanya diungkapkan ternyata. Anda harus bisa menemukan cara yang tepat untuk meluapkan perasaan Anda, misalnya dengan bernyanyi, mendengarkan musik, menulis, atau membaca. Anda sangat membutuhkan sarana untuk itu. 

  • lkuti Kata Hati, Tapi Jangan Tinggalkan Kepala Anda. Biasakanlah untuk berpikir dua kali meski terhadap kata hati Anda. Sebab biar bagaimanapun kita tidak bisa hanya mengandalkan naluri saja tanpa mengindahkan pikiran. Sekali lagi, biasakanlah untuk berpikir dua kali.

*Diterjemahkan secara bebas banget
  dari times
Please write your comments