Perbedaan Antara Pemimpin dan Manajer - Jurnal Darul Azis

Perbedaan Antara Pemimpin dan Manajer

Perbedaan Antara Pemimpin dan Manajer



Kebanyakan orang sering kebingungan dalam membedakan istilah 'manajer' dan 'pemimpin'; keduanya bukanlah hal yang sama, meskipun bisa jadi seseorang bisa menjadi keduanya. Seorang pemimpin memiliki visi, beberapa visi, atau bahkan menciptakan visi - dalam konteks ini visi adalah ide yang luas atau mimpi yang dapat dicapai. Sedangkan manajer, di sisi lain, selalu membuat rencana-rencana agar dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

Kepemimpinan adalah tentang mengajukan pertanyaan, 'apa' dan 'mengapa' dan memberdayakan orang (pengikut), yakni dengan memberi mereka tanggung jawab untuk melakukan hal yang benar. Oleh karena itu para pemimpin bekerja dengan orang-orang di sekelilingnya dengan segenap tenaga, pikiran, dan emosi yang dimiliki.

Berbeda halnya dengan manajer yang selalu bertanya, 'bagaimana' dan terus bekerja  dengan proses, model dan sistem yang ada. Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara manajer dan pemimpin telah dikemukakan oleh Warren Bennis, seorang profesor di University of Southern California.

Bennis percaya bahwa "Manajer melakukan hal-hal yang benar, sedangkan pemimpin melakukan hal yang benar". Ini adalah ke bagaimana kita berpikir tentang hal --jika Anda berpikir tentang melakukan sesuatu yang benar Anda cenderung berpikir tentang mekanisme atau 'how-to' dari tugas yang ada. Itulah yang biasa dikerjakan oleh seorang manajer. Sedangkan melakukan hal yang benar bagaimanapun juga merupakan konsep yang jauh lebih filosofis dan membuat kita berpikir tentang masa depan, tentang visi dan impian. Itulah sifat utama dari seorang pemimpin.

Bennis melanjutkan perbandingannya secara lebih rinci, seperti terlihat dalam gambar berikut ini :
Please write your comments