Perlengkapan yang Harus Kamu Siapkan Ketika Memasuki Musim Hujan - Jurnal Darul Azis

Perlengkapan yang Harus Kamu Siapkan Ketika Memasuki Musim Hujan

Perlengkapan yang Harus Kamu Siapkan Ketika Memasuki Musim Hujan


Sejak awal bulan November yang lalu, Jogja mulai diguyur hujan. Pertama-tama baru mendung PHP, itu loh, mendung yang tak berarti hujan, padahal sudah diharepin banget hujannya. Tetapi lama-kelamaan mulai turun rinai hujan, itu pun hanya di beberapa titik wilayah Jogja. Barulah kemudian, di minggu ketiga bulan November, intensitas hujan di Jogja mulai meningkat. Hampir setiap hari, entah itu siang maupun sore, hujan mulai sering turun membasahi bumi Mataram ini, juga daerah sekitarnya. Mungkin pada bulan Desember ini, hujan juga akan turun di malam hari. 

Ada baiknya  memasuki musim hujan di akhir tahun ini, kamu segera menyiapkan perlengkapan guna menanggulangi dampak hujan. Hal ini sangat penting menurut saya, mudah-mudahan juga menurut kamu, karena biasanya turunnya hujan juga tanpa kode (atau mungkin kita yang kurang peka?).

Entahlah, yang jelas  di musim hujan ini kamu perlu menyiapkan perlengkapan-perlengkapan wajib  berikut ini :

1. Payung
 
Masih ingat pepatah ‘Sedia payung sebelum hujan’ kan? Nah.. itulah relevansinya mengapa saya merekomendasikan agar kamu segera nyiapin payung. Payung memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang aktivitasmu, seperti kuliah, pacaran, berbisnis, bekerja, maupun jalan-jalan.

Dalam aktivitas perkuliahan, kamu tidak perlu merasa takut telat ke kampus hanya gara-gara hujan. Sementara jarak antara kampus dan kosan hanya selemparan batu. Hujan bukanlah sebuah halangan yang berarti selama kamu punya pacar yang punya mobil mewah payung. Buktikan kalau kamu memang mahasiswa/i teladan. Jangankan kok cuma hujan, ditambah badai pun kamu akan tetap berangkat ke kampus. Biar nanti dosenmu terharu, lalu kamu dikasih nilai A koma Kajur (Kepala Jurusan).

Demikian halnya dalam aktivitas pacaran, kamu akan terlihat sangat romantis ketika berjalan kaki di antara rintik hujan berdua. Dan tentunya, kamu akan tetap berkesempatan untuk makan malam bareng bersama sang pacar di warung makan terdekat, sambil berjalan berdua berbagi payung.

Pun demikian dalam aktivitas kerja. Gaji Anda tidak akan terpotong hanya gara-gara Anda datang terlambat karena hujan. Kan ada payung.

2.Sandal Jepit dan Sepatu Boot Karet

Sandal jepit mutlak diperlukan di musim hujan ini. Apalagi kalau kamu sering bepergian dan beraktivitas di luar ruangan. Dengan mengenakan sandal jepit, kamu bisa meminimalisasi kotornya sepatu. Hanya saja memang, ketika mengenakan sandal jepit, kakimu akan merasakan dinginnya air hujan. Untuk itu, kamu juga perlu menyiapkan sepatu boot karet karena selain dapat menghindarkan kakimu dari kotoran, juga dapat mengurangi rasa dingin di kaki.
Oh iya, maaf ada yang ketinggalan. Kamu juga perlu menyiapkan mantel. Tapi saya yakin, di bagasi motormu masih tersimpan mantel sisa musim hujan tahun lalu. Iya kan? Mungkin hanya sebagian saja dari kamu yang tidak punya mantel, oleh karena itu segeralah untuk membeli mantel.

3. Mie Instan

Bayangkan bagaimana rasanya ketika hujan turun sementara perutmu keroncongan minta diisi. Padahal kamu tidak punya payung, mantel, maupun sepatu boot. Sialnya lagi, di sekitar tempat tinggalmu itu tempat makan cukup jauh jangkauannya. Tak hanya itu, di luar juga petir terdengar saling bersahutan dengan begitu galaknya, segalak ibu kos kepada anak kos yang telat bayar dan suka nginepin ‘temen’ di kosnya.

Kamu tidak mau mengalami nasib seperti bukan? Karena itulah, di musim hujan ini sebaiknya kamu juga nyetok mie instan di rumah/kos. Agar ketika rasa lapar melanda sementara uang di dompet makin menipis di luar sedang turun hujan, kamu bisa segera menyeduh mie instan dan kamu tidak akan merasa kelaparan karenanya.

Untuk itu, saya mau menirukan tagline salah satu toko online di Indonesia, sudah cek stok mie instan belum?

4. Kopi

Kuota internet ada, makan mie instan sudah, kerjaan selesai, tinggal nyantai di depan jendela sambil menikmati secangkir kopi panas.

Biarlah hujan menyelesaikan takdirnya, aku akan tetap bahagia di sini, bersama secangkir kopi’’ demikian batinmu kemudian.

Ya... kamu hanya akan bisa merasakan sensasi tersebut jika kamu punya stok kopi (baik yang instan maupun yang racikan sendiri). Pastikan di musim hujan ini kamu punya stok kopi yang cukup. Karena biasanya, hasrat untuk menikmati yang anget-anget ketika hujan turun itu bisa datang secara tiba-tiba, tanpa pernah kamu duga-duga sebelumnya.

Jadi... mumpung hujan belum turun, buruan gih beli payung, mantel, sandal jepit, sepatu boot, mie instan, dan kopi di toko kelontong terdekat.

5. Foto Kenangan Bersama Mantan
6. Air Mata

(Postingan ini disponsori oleh Asosiasi Toko Kelontong (ASTOLONG) Jogja. Kini semua toko kelontong yang tergabung dalam ASTOLONG menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga Anda, termasuk kebutuhan di musim hujan ini seperti payung, mantel, sandal jepit, sepatu boot, mie instan, sabun, sampo, kopi, dan berbagai macam keperluan rumah tangga lainnya. Buruan beli!)

Please write your comments