Pakai Tips Ini, Maka Tugasmu Akan Kelar Dalam Waktu Sekejap - Jurnal Darul Azis

Pakai Tips Ini, Maka Tugasmu Akan Kelar Dalam Waktu Sekejap

Pakai Tips Ini, Maka Tugasmu Akan Kelar Dalam Waktu Sekejap



Terkadang yang namanya mengerjakan tugas atau pekerjaan itu ada saja gangguannya. Mulai dari suara-suara obrolan teman yang kayaknya asyik banget, buka tab Youtube di laptop untuk sekedar dengerin lagu, bahkan sekedar bengong karena sedang lagi banyak pikiran.

Hal ini tentu bisa berbahaya kalau dibiarkan begitu saja. Selain membuat pekerjaan jadi menumpuk, yang ada kita juga bisa-bisa ditegor sama dosen atau atasan karena lalai. Nah, daripada terus-terusan kayak gitu, mending kalian ikutin cara meningkatkan konsentrasi di bawah ini!

1. Rapikan Meja atau Tempat Belajar Kamu

Mungkin terlihat sepele. Tapi hal satu ini ternyata memiliki dampak yang luar biasa dan menjadi salah satu cara meningkatkan konsentrasi yang utama. 

Ketika kamu mengerjakan tugas, pastikan kamu punya space yang cukup. Jangan sampai meja kerjamu penuh dengan kertas ataupun dokumen-dokumen kurang penting yang akhirnya mengganggu konsentrasimu sendiri. 

Fakta yang perlu kamu ketahui, tempat belajar atau bekerja yang berantakan bisa membuat kamu sulit berkonsentrasi.

2. Membagi Tugas Besar menjadi Beberapa Tugas Kecil

Biasanya hal yang bisa mengganggu konsentrasi seseorang adalah ketika diberikan tugas, sudah melihat kalau tugas tersebut sangatlah besar dan membuat kamu terbebani. Kalau sudah merasa terbebani, maka pikiran pun bakal susah fokus atau berkonsentrasi karena sudah terlanjur panik. 

Nah, cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membagi tugas-tugas besar tersebut menjadi tugas kecil.

Maksudnya adalah dicicil, kerjakan dulu yang lebih mudah atau sederhananya. Kamu bisa membuat daftar to-do-list terlebih dahulu sebelum mengerjakannya. Kamu bisa juga membuat daftar kegiatan harian agar pembagiannya lebih mudah dan juga efektif. Pastikan juga agar kalian memprioritaskan kegiatan mana yang lebih penting.

3. Menyingkirkan Hal-hal yang Dapat Mengganggu


Nah, kalau ini sudah seakan-akan jadi faktor utama yang bikin kalian males kerja. Agar kerjaan dan tugasmu cepat selesai, cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya adalah dengan menyingkirkan barang-barang atau hal lain yang mengganggu lebih dulu. 

Ada banyak hal yang bisa mengganggu, pertama dan paling utama sih gadget atau sosial media. Ini pengganggu nomor satu dan paling bisa bikin kamu lupa waktu.

Cara menyiasatinya kamu bisa me-nonaktifkan pemberitahuan dari sosmed tersebut selama kamu bekerja. Kalau kamu merasa temenmu itu mengganggu, jangan kamu singkirin dia, ya! Cukup kamu aja yang menjauh dari mereka dan cari ruang sendiri untuk bekerja.

4. Mengunyah Permen Karet

Cara asyik yang bisa kamu lakuin untuk mengetahui cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya adalah mengunyah permen karet. Kamu tentu suka dengan permen karet, kan? 

Fyi, mengunyah permen karet terbukti dapat membuat diri kamu lebih berkonsentrasi. Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Cardiff menemukan kalau mengunyah permen karet bisa membantu kamu lebih berkonsentrasi untuk melakukan suatu pekerjaan. 

Intinya, ketika kamu mengerjakan suatu pekerjaan yang panjang atau membosankan, bunuh saja rasa bosan tersebut dengan mengunyah permen karet untuk mengembalikan fokusmu.

5. Istirahat Sejenak dengan Bermain Permainan yang Melatih Kerja Otak

Kalau cara meningkatkan konsentrasi satu ini sih juga nggak kalah menyenangkan. Ketika kamu merasa mulai stuck atau lelah, cobalah untuk istirahat sebentar dengan bermain game

Tapi ketika kamu memilih permainan, pastikan untuk memainkan permainan yang mampu melatih kerja otak kayak puzzle, acak kata, mengisi TTS, dan juga lainnya. Pastikan permainan yang kamu pilih bisa membantu kamu untuk menenangkan diri sendiri sebelum kembali kerja.

Itulah beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang bisa kamu lakukan agar tugas dan kerjaanmu cepat kelar. Seberat apapun tugasmu, jangan sampai kamu lupa untuk istirahat ya, Man!
Please write your comments