Perhatikan Lima Hal ini Agar Anda Semakin Cinta Pada Pekerjaan - Jurnal Darul Azis

Perhatikan Lima Hal ini Agar Anda Semakin Cinta Pada Pekerjaan

Perhatikan Lima Hal ini Agar Anda Semakin Cinta Pada Pekerjaan

Sumber Gambar : Idnews.web.id
   


Menjalani aktivitas yang sama setiap setiap harinya, seseorang akan sangat rentan terhadap rasa bosan. Namun bagaimana jika aktivitas rutin tersebut adalah suatu hal yang amat kita cintai (gemari)? Akankah rasa bosan itu dapat muncul? Kemungkinannya sangat kecil. Secara manusiawi, seseorang akan jarang merasa bosan dengan sesuatu yang dicintainya, tak terkecuali dengan aktivitas sehari-hari.

Ketika kita membiasakan diri untuk mencintai rutinitas sehari-hari, kita akan dapat menyelesaikannya dengan mudah. Selain itu, pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, tidak membosankan. Malah sebaliknya, pekerjaan tersebut membuat kita merasa bahagia dan senang.

Bagaimana sebenarnya  cara untuk  mencintai apa yang kita kerjakan sehari-hari? Bahkan jika itu adalah sesuatu yang tidak menyenangkan bagi kita? Ralph Marston, sebagaimana dirilis Greatday.com membagikan kiat-kiat berikut agar kita dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap pekerjaan sehari-hari.



1. Ingatlah, betapa menyenangkan dan istimewanya Anda berada di posisi sekarang.

Dengan demikian, apa yang Anda lakukan akan menjadi bagian penting dari seluruh pengalaman hidup Anda. Menyadari betapa penting dan istimewanya Anda berada di posisi sekarang merupakan motivasi terbesar hidup manusia, karena pada dasarnya manusia selalu menginginkan posisi yang menyenangkan dan istimewa di lingkungannya. Nah, sebelum orang lain menempatkan Anda pada posisi itu, alangkah lebih baiknya jika Anda menciptakan posisi tersebut terlebih dahulu, pada pekerjaan Anda saat ini. Seorang ibu rumah tangga misalnya, harus menyadari betul betapa penting perannya dalam keluarga. Betapa ia menjadi sangat istimewa bagi anak-anak dan suaminya.



2. Ingatlah alasan mengapa Anda bisa sampai pada posisi sekarang.

Bagaimanapun juga, Anda telah memilih pekerjaan tersebut. Ini artinya, pilihan itu telah Anda pertimbangkan berdasarkan prioritas, tujuan hidup dan impian Anda. Anda telah membawa diri pada posisi sekarang.  Tentu di balik itu semua selalu ada alasan yang menyertainya.

 
Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap pekerjaan Anda,  ingat-ingatlah kembali alasan terbesar mengapa Anda memilih pekerjaan itu.  Dengan begitu, motivasi (alasan awal) akan muncul kembali dalam diri Anda. Sehingga kalaupun pekerjaan Anda saat ini bukanlah pekerjaan yang menyenangkan bagi Anda, itu adalah bagian dari konsekuensi yang telah Anda sengaja pilih. Ketika Anda berhasil mengingat kembali motivasi terbesar dan  segala konsekuensi pekerjaan Anda saat ini, maka rasa cinta pun akan kembali tumbuh.


Seorang karyawan lajang yang mulai bosan dengan pekerjaannya, perlu mengingat-ingat kembali motivasi terbesar yang dulu ia inginkan. Misalnya, dahulu motivasi terbesarnya adalah karena ingin menikahi pacarnya yang cantik dan sangat dicintainya. Dengan mengingat itu, ia akan kembali bersemangat lagi.

3. Berpikirlah betapa bedanya keputusan yang telah Anda buat.
 
Percayalah bahwa apa pun yang Anda lakukan pada dasarnya adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dalam kehidupan di dunia ini. Pikirkan tentang hal itu.  Bahwa apa yang Anda lakukan adalah benar-benar penting. Anda dapat menciptakan nilai yang tidak pernah ada sebelumnya. Ciptakan sesuatu yang beda dari pekerjaan Anda demi mendapatkan kepuasan sejati.

 
Seseorang yang telah memutuskan menjadi seorang sales misalnya, ia harus berpikir bahwa keputusannya menjadi seorang sales adalah keputusan yang mahal dan anti mainstream. Mengapa? Karena menurut banyak orang, berprofesi menjadi sales adalah pekerjaan yang sangat sulit untuk dijalani serta membutuhkan mental sekuat baja.


4. Nikmatilah pengalaman Anda.

Dari pekerjaan Anda saat ini,  Anda akan memiliki cerita yang menarik untuk diceritakan. Terlebih lagi jika pekerjaan Anda  membutuhkan mental yang kuat, pikiran, konsentrasi, dan keterampilan ekstra prima untuk sampai pada posisi yang lebih tinggi. Dan dalam menghadapi semua itu, Anda telah dapat mengerjakannya dengan baik.
 
Pengalaman adalah guru terbaik, nah, ketika pengalaman tersebut kita ceritakan kepada banyak orang dan mereka terinspirasi karenanya, betapa bahagianya kita kelak.

 
5. Kerjalan hal lain. 
 
Ini alternatif terakhir, jika keempat cara tadi tidak berhasil Anda terapkan. Jika Anda tidak dapat menemukan alasan untuk mencintai pekerjaan atau rutinitas Anda saat ini, maka jangan melakukannya. Kecuali kalau Anda bersedia menjadi manusia yang seolah dipenjara atau diperbudak. Anda dapat memilih apa yang Anda sukai.
 
Dalam hidup ini kita selalu dihadapkan pada banyak pilihan-pilihan sulit. Menghadapinya, kita perlu ingat satu hal : saat itu pula kita juga diberi kebebasan untuk memilih salah satunya.
Please write your comments