Sepuluh Karya Visual Ini Akan Menyindirmu yang Kecanduan Internet, Media Sosial, dan Gadget - Jurnal Darul Azis

Sepuluh Karya Visual Ini Akan Menyindirmu yang Kecanduan Internet, Media Sosial, dan Gadget

Sepuluh Karya Visual Ini Akan Menyindirmu yang Kecanduan Internet, Media Sosial, dan Gadget

Kehadiran internet, media sosial, dan gedjet pada masa sekarang ini faktanya memang membuat penggunanya merasa ketagihan. Pasalnya, ada begitu banyak hal menyenangkan yang bisa diperoleh dari ketiganya. Mulai dari game, foto-foto, vidio, informasi, kuis, pengetahuan, dan berbagai hal menarik lainnya. Saking asyiknya, sampai kadang membuat orang lupa waktu, lupa diri, lupa makan, lupa tempat, dan lupa tidur serta lupa bayar utang.

Fenomena ini kemudian memunculkan keresahan bagi sebagian orang, mulai dari pakar psikolog, sosiolog, pakar IT, hingga bahkan para seniman visual. Penelitian-penelitian tentang dampak buruk kecanduan internet, media sosial, dan gedjet pun dilakukan, artikel-artikel tentangnya pun banyak ditulis dan disebar. Namun ternyata upaya itu belum cukup, sehingga kemudian muncul karya-karya visual untuk merespon fenomena tersebut. 

Berikut inilah  karya-karya visual yang menunjukkan betapa besarnya dampak penggunaan internet, media sosial, dan gadget secara berlebihan. 

1. Menikah Gara-gara Facebook


Barangkali ini bisa dipandang secara lebih positif, bahwa ternyata Facebook dapat menjadi ajang pertemuan jodoh. Tapi ada juga yang persoalan lain yang mungkin ingin disindir, yakni mereka yang sudah memasang status perkawinan di Facebook, padahal mah aslinya masih pacaran. 

2. Malas Membaca Buku Gara-gara Facebook

Lihat, buku itu dikungkung oleh Facebook. Karena Facebook, orang jadi malas dan enggan membaca buku. Karena dipikirnya lebih asyikan membaca status teman-teman Facebooknya.






3. Begadang Sampai Pagi di Depan Laptop

Ada yang rela begadang sampai pagi hanya gara-gara melototin laptop? Kalau karena ngerjain skripsi, tugas, atau pekerjaan sih nggak apa-apa. Tapi ini cuma cetingan sama mantengin linimasa. 



4. Internet Itu Bisa Seperti Jurang, Ada Banyak Orang yang Terperosok Karenanya

Bisa kita rasakan sendiri, sekarang ada begitu  banyak perdebatan kusir yang terjadi di media sosial. Ada begitu banyak berita hoax yang tersebar di internet. Ada begitu banyak persoalan dan konflik yang terjadi di internet, mulai dari konflik agama, suku, ras, hingga antarbangsa. Ada begitu banyak fitnah dan propanganda yang dibuat untuk memecahbelah kita. Kita lupa dan terlena, bahwa sejatinya di depan sana ada kehidupan yang sangat indah. Kehidupan tanpa keriuhan, tanpa fitnah, tanpa pertengkaran.


5. Kini Buku Menjadi Selayak Tawanan dan Gadget Telah Menjadi Tuan

Gedjet telah menawan buku. Ya, sekarang ini memang ada begitu banyak yang menjadi sangat jarang bersentuhan dengan buku karena  terlalu sibuk dengan gedjetnya. Kamu termasuk yang mana?

6. Terpasung Media Sosial dan Gedjet


Jika diperturutkan secara terus-menerus, lama kelamaan kamu akan terpasung olehnya. Ruang gerakmu, hanya akan sejauh layar gedjet dan media sosial (dunia maya)


7. Tiada Hari Tanda Gedjet

Tiada hari tanpa gadjet. Begitulah kehidupan kebanyakan manusia zaman sekarang. Tangan tak bisa lepas dari gadjet barang sejam pun. Bangun tidur, yang pertama kali dicari gedjet. Ke kamar mandi sambil bawa gedjet. Makan, gedjet pun masih tetap di tangan dan dimainkan. Bahkan selepas ibadah pun, rasa tangan sudah tak sabar untuk segera memainkan gedjet. Entah apa yang ingin dilihat, namun sepertinya ada hal yang sangat penting di sana, sehingga harus segera dilihat. Kamu tahu itu apa?

Baca juga :  Gadget dan Sebuah Upaya Mengembalikan Interaksi yang Pernah Hilang


8. Gedjet Telah Merenggut Kehidupan

Gara-gara ketergantungan gedjet, badan menjadi tak terurus. Energi kita terkuras olehnya. Karena sepanjang hari, gedjet selalu di tangan. Setiap saat, gedjet selalu dalam pandangan



9.  Menjadi Budak Kecanggihan Teknologi

Tanpa disadari, saat ini kita hanya menjadi budak yang bekerja untuk orang lain. Kita dibuatnya ketagihan dan ketergantungan, karena itu bisa memberikan keuntungan bagi sebagian orang. Ada pasar di sana. Kita terus-menerus digiring untuk mengejar dan menginginkan perangkat elektronik termutakhir. Pandangan kita diarahkan ke dunia yang sempit, dunia yang hanya selebar layar gedjet, laptop, dan televisi. Sehingga kita tak mampu lagi melihat dunia yang lebih luas. Dunia yang sesungguhnya.



10. Budaya Membaca Pun Menjadi Kian Terkikis

Dulu, orang banyak menghabiskan waktunya untuk membaca, baik itu koran, majalan, maupun buku. Namun sekarang, orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk memainkan gedjet. 

Benar begitu?


Baca ini juga : Sibuk Dengan Gadget, 7 Hal Inilah yang Dilakukan Orang Indonesia Dengan Gadgetnya


Ilustrasi Gambar via https://www.facebook.com/dcontroversialfiles/

Please write your comments