7 Ilustrasi Ini Gambarkan Pentingnya Membaca Buku Bagi Setiap Orang - Jurnal Darul Azis

7 Ilustrasi Ini Gambarkan Pentingnya Membaca Buku Bagi Setiap Orang

7 Ilustrasi Ini Gambarkan Pentingnya Membaca Buku Bagi Setiap Orang

Ada satu kalimat Ali bin Abi Thalib yang sangat saya suka perihal pentingnya membaca buku. Kalimat tersebut berbunyi, 'Siapa pun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya'. 

Sosok yang oleh Nabi Muhammad diberi julukan Babul 'ilmi" atau pintu gerbangnya ilmu ini memang dikenal memiliki kecerdasan dan penguasaan ilmu yang teramat luas. Dan saya rasa itu merupakan sebuah kewajaran mengingat bahwa Beliau sangat akrab dengan buku, sampai kemudian terlontarlah kalimat itu.


Dalam kehidupan kita sekarang ini, aktivitas membaca buku seharusnya sudah dilakukan oleh setiap orang, saban hari. Apalagi bagi mereka yang akses untuk mendapatkannya begitu mudah. Mulai dari tersedianya toko buku, perpustakaan, ataupun taman baca. 


Kendati pun sudah ada internet yang juga menyajikan berbagai macam pengetahuan, namun seharusnya itu tidak membuat seseorang lupa untuk membaca buku. Sebab ilmu yang terdapat dalam sebuah buku itu lebih lengkap, sistematis, dan detail dibandingkan ilmu yang tersebar di internet. Itulah mengapa setiap tetap harus membaca buku. 


Dan pada postingan kali ini, saya akan menyajikan ilustrasi-ilustrasi seputar pentingnya membaca buku sebagai upaya mengampanyekan gerakan Indonesia membaca. 

Semoga dengan ilustrasi-ilustrasi berikut ini mampu menggugah banyak orang untuk lebih dekat lagi dengan buku dan lebih rajin membaca ketimbang berbicara ataupun berdebat di media sosial. *Eh
Baca juga : 5 Tips Agar Membaca Jadi Lebih Menyenangkan  


1. Perbedaan orang yang membaca banyak buku dan yang sama sekali tidak pernah. Lebih tenang 'kan? Jadi ingat salah satu peribahasa kita, tong kosong nyaring bunyinya. Demikianlah orang yang tak pernah membaca buku, biasanya ia akan lebih mudah marah, lebih senang show up dan terlalu banyak bicara. 




2. Buku melindungimu dari marabahaya. Ya, ini pasti karena kamu telah mengetahui ilmunya atau paham perkaranya sehingga terhindar dari segala bentuk penipuan ataupun hal-hal yang membahayakan dirimu.


3. Lihat! Dari ilustrasi ini kita akan menyadari betapa tanah yang tandus pun dapat menjadi lebih subur dan bisa ditanami oleh karena seseorang tahu ilmunya. 



4. Jangan HP Pintarmu melulu yang dicas, tapi otakmu juga dong!



5. Buku-buku bacaanmu akan membuat pandangan hidupmu menjadi lebih terang. 


6. Buatlah otakmu terus bertumbuh dengan buku-buku bacaanmu, setiap hari!




7. Lihat! Bahkan untuk menulis sebuah catatan kecil saja, ia harus membaca buku sebesar itu. Demikianlah perjuangan seorang penulis buku, dan akankah kamu tetap enggan membacanya? Jika iya, kamu sungguh terlalu! 



Sumber semua gambar : Controversial Files 

2 comments

  1. Saya suka baca buku, tapi soal marah tak bisa saya tahan. Mungkin efek ilmunye belum nyerap di kepala saya ya. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa agak digeser dikit buku bacaannya Mas. Misal buku psikologi atau buku2 sufi dan budaya. Nanti perlahan2 bakalan berdampak, Insya Allah 😊

      Terimakasih sudah mampir. Tabik.

      Delete